mungkin ini bisa membantu pak...
menggunakan rumus yang sy pelajari dari file xl mania

sumif_berdasarkan_kata_kunci

________________________________
 Dari: Anas Baso <anasb...@yahoo.com>
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 29 Agustus 2013 7:34
Judul: ]] XL-mania [[ Menghitung Apel

Dengan Hormat,

Saya butuh bantuan dari pare excel mania untuk contoh dibawah, yang juga saya
lampirkan excelnya (versi 2007)

List Tahap 1 Tahap 2 Tahap 3 Tahap 4 ToTAL

Delima merah 1 2 3 4 10
Magga hijau warnany tidak merah 1 2 3 4 10
Ada apel hijau yg agak pink 1 2 3 4 10
apel fuji yang warnanya pink 0 0 0 0 0
apel malang yang warnanya hijau 1 2 3 4 10
apel new zaeland yang warnanya merah 1 2 3 4 10
jeruk bali 1 2 3 4 10
Jeruk keppo 1 2 3 4 10
Saya ingin mendapatkan rumus Jumlah apel keseluruhan, tanpe melihat jenisnya.
Mohon dibantu, dan kalau bisa jangan menggunakan rumus yg ada ALT+ENTER
Saya bisa menghitung dengan "countif" bahwa di list ada kata "apel" sebanyak 4.
  list TOTAL *apel*
*apel* 4 ???? Jawaban yg diminta = 30

Jazakallah Khaeran Katsiran..

Wasslam