Rules, petunjuk, dan tips melakukan posting di XL-mania

:::: TENTANG XL-mania :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

+-:: TERIMA KASIH ::::::::::::::::------------ updated : 25 Jun 08 -+
|                                                                   |
| Dear member XL-mania,                                             |
|                                                                   |
| Terima kasih telah bergabung dengan XL-mania. Untuk lebih  kenal  |
| dengan XL-mania, kami kirimkan file "about_XL-mania.zip".  Untuk  |
| memperkenalkan XL-mania kepada rekan-rekan Anda,  kirimkan  file  |
| "about_XL-mania.zip" tersebut atau file-file menarik  lain  dari  |
| XL-mania kepada rekan-rekan Anda.                                 |
|                                                                   |
+-:: ATURAN XL-mania :::::::::::::----------------------------------+
|                                                                   |
|   1 Dilarang : MLM,  money  game,  berita, OOT, iklan tanpa izin  |
|     khusus, SARA, testing, pembicaraan pribadi / tidak  relevan,  |
|     komentar 1 - 2 baris, melecehkan, tidak sopan, testing.       |
|                                                                   |
|   2 Harap mengganti subjek sesuai dengan topik yang dibicarakan.  |
|     Jangan terus me-reply subjek yang sama untuk topik yang lain  |
|     dan  jangan  lupa, buat  subjek   yang unik, hindari  subjek  |
|     "tanya", "help", "tolong" [penjelasan  lihat  "Tips Bertanya  |
|     di XL-mania" pada bagian bawah]                               |
|                                                                   |
|   3 Usahakan besar attachment < 200kb, gunakan winzip jika perlu  |
|                                                                   |
|   4 Siapa saja boleh menjawab masalah Excel dari member lain. Di  |
|     sini kita saling belajar [malu bertanya, kerja manual ^_~ ]   |
|                                                                   |
|   [Aturan "hanya" empat ini, yang di  bawah  hanyalah penjelasan  |
|   detail dari aktivitas group dan tips posting]                   |
|                                                                   |

:::: FREQUENTLY ASKED QUESTIONS :::::::::::::::::::::::::::::::::::::

+-:: INBOX PENUH? ::::::::::::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Inbox penuh? Gunakan digest! [1 email per hari] Caranya :         |
| Untuk menerima ringkasan posting kirim e-mail ke :                |
|     xl-mania-dig...@yahoogroups.com                               |
| Untuk kembali menerima masing-masing posting kirim e-mail ke :    |
|     xl-mania-nor...@yahoogroups.com                               |
|                                                                   |
+-:: FILE DIGEST TIDAK ADA? ::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Dengan menggunakan fasilitas digest pada  yahoo,  otomatis  Anda  |
| tidak menerima attachment. Tapi jangan khawatir karena file-file  |
| attachment tersebut tersimpan di :                                |
|     http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com          |
|                                                                   |
+-:: E-MAIL BOUNCING? ::::::::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Untuk mengatasi bouncing kirim e-mail kosong ke :                 |
|     xl-mania-nor...@yahoogroups.com                               |
|                                                                   |
+-:: DI MANA LETAK MESSAGE LAMA? :----------------------------------+
|                                                                   |
| Untuk mencari message lama, masuk ke :                            |
|     http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages               |
| Jika ingin melihat attachment pada message tersebut masuk ke :    |
|     http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com          |
|                                                                   |
+-:: MENGAJAK TEMAN KE XL-mania? :----------------------------------+
|                                                                   |
| Minta teman Anda mengirim e-mail kosong ke :                      |
|     xl-mania-subscr...@yahoogroups.com                            |
| Setelah itu ada e-mail konfirmasi dari yahoo, reply saja  e-mail  |
| tersebut tanpa perlu ditulis apa-apa.                             |
|                                                                   |
+-:: FILE PELAJARAN XL-mania? ::::----------------------------------+
|                                                                   |
| File yang bisa dipelajari dapat diakses di :                      |
|     http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Lessons/         |
|                                                                   |
+-:: FILE EXCEL MENARIK? :::::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Ingin mengirimkan teman Anda file Excel menarik?                  |
|     http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Games+etc/       |
|                                                                   |
+-:: MERASA JAGOAN EXCEL? ^_^ ::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Ayo ikutan XL-mania challenge di :                                |
|     http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Challenge/       |
|                                                                   |
+-:: MEMBUAT GUIDE EXCEL? ::::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Ingin membuat  guide  Excel  dan  menguploadnya ke bagian files?  |
| Kirimkan ke xl-mania-ow...@yahoogroups.com                        |
|                                                                   |
+-:: TAK BISA AKSES LINK GROUP? ::----------------------------------+
|                                                                   |
| Tak bisa akses link  http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/...?  |
| Anda harus punya yahoo.id! Yahoo.id adalah login untuk masuk  ke  |
| seluruh fasilitas yahoo. Jika Anda sudah punya yahoo mail, masuk  |
| ke www.yahoogroups.com dengan login yahoo  mail  tersebut.  Jika  |
| belum ada :                                                       |
| 1. masuk ke www.yahoogroups.com dan daftarkan diri Anda.          |
| 2. masukkan e-mail secondary Anda dengan e-mail Anda yang  sudah  |
|    terdaftar di XL-mania.                                         |
| 3. reply konfirmasi yang masuk dari yahoo ke e-mail secondary     |
| Malas melakukan step di atas?                                     |
| 1. Buat yahoo id baru,                                            |
| 2. Subscribe lagi ke XL- mania melalui :                          |
|     http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/                       |
|                                                                   |
+-:: SUKA XL-mania? ::::::::::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Berikan testimoni tentang XL-mania di :                           |
|     http://www.friendster.com/profiles/xlmania                    |
| Atau... ajak teman Anda ikut XL-mania!                            |
|                                                                   |
+-:: TIDAK ADA YANG MENJAWAB? ::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Tidak ada yang menjawab pertanyaan  Anda...  Hmmm...  Sebenarnya  |
| kami mau mengakhiri tulisan ini sampai di sini. Tapi, sepertinya  |
| Anda perlu "tips bertanya dan menjawab". O.K. deh, Jangan  malas  |
| membaca [tulisan panjang] yang di bawah ini. Hehehe...            |
|                                                                   |

:::: TIPS BERTANYA DAN MENJAWAB :::::::::::::::::::::::::::::::::::::

+-:: TIPS BERTANYA DI XL-mania ::::---------------------------------+
|                                                                   |
| Terkadang ada pertanyaan yang tidak  dijawab,  bahkan  ada  yang  |
| kena filter. Cobalah untuk mengikuti tips-tips berikut :          |
|                                                                   |
|   1 Kerumitan masalah terkadang  membuat  pertanyaan  Anda tidak  |
|     mendapat respons. Topik seperti  "Bantu saya membuat program  |
|     inventory" atau  "Bantu saya  membuat program cash register"  |
|     memakan banyak waktu untuk menjawabnya.                       |
|                                                                   |
|   2 Sebelum bertanya, jika ada fasilitas browsing, lihat dulu di  |
|     http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [yang berisi  |
|     arsip e-mail terdahulu, gunakan fasilitas "search"]  atau...  |
|     http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Problems/  atau  |
|     tahu saja problem Anda sudah pernah dibahas.                  |
|                                                                   |
|   3 Tulis subjek yang mewakili masalah Anda                       |
|       Hindari subjek yang tidak jelas, seperti :                  |
|             "Tolong", "Help", "Problem", "Case", "Tugas",         |
|             "Urgent", "Penting", "Tanya", "Macro", "Test"         |
|       Contoh subject yang baik :                                  |
|             "Refresh pivot table otomatis"                        |
|             "Conditional formatting lebih dari 4 kondisi"         |
|             "Error pada rumus vlookup"                            |
|       Contoh subject yang terlalu panjang dan harus dihindari :   |
|             "Tolong dibantu, error pada vlookup"                  |
|             "Help! Urgent! Refrest pivot table otomatis!!!!"      |
|                                                                   |
|   4 Jika Anda tidak tahu harus memberi subjek  apa  pada  e-mail  |
|     Anda, berikan nama apa saja, asal unik dan tidak  "generik".  |
|     Daripada subjek seperti "Tolong" dan "Tanya", lebih  menarik  |
|     Jika Anda memberi subject yang "unik"                         |
|       Contoh subject yang unik :                                  |
|             "Menjumlah jualan saya per bulan"                     |
|             "Menghitung banyak tupai yang optimal"                |
|                                                                   |
|   5 Sertakan pertanyaan Anda di e-mail, jangan hanya  disertakan  |
|     pada attachment. Ingat, tidak semua  member  dapat  menerima  |
|     attachment. Jangan lupa  menggunakan  bahasa  Indonesia yang  |
|     baik dan benar.                                               |
|       Contoh pertanyaan yang harus dihindari :                    |
|             "Tolong dibantu, see attached"                        |
|             "..." [tidak menyertakan pertanyaan sama sekali]      |
|             "Ini gimana caranya?                                  |
|       Contoh pertanyaan yang baik :                               |
|             "Saya  sedang  menggunakan conditional formatting di  |
|              cell A5. Yang  ingin saya buat adalah  warna  merah  |
|              jika nilainya  1, biru jika 2, hijau jika 3, kuning  |
|              jika 4.  Dengan   4  kondisi  ini,  bagaimana  cara  |
|              memasukkannya  ke conditional formatting  mengingat  |
|              fitur ini hanya men-support 3 kondisi?"              |
|                                                                   |
|   6 Terkadang sangat perlu untuk  menyertakan  attachment.  Yang  |
|     perlu diperhatikan adalah :                                   |
|       - Gunakan attachment  dalam  ukuran kecil [gunakan winzip,  |
|         atau sederhanakan kasus tersebut], usahakan < 200 KB.     |
|       - Hapus gambar /  object  yang  tidak  berhubungan  dengan  |
|         pertanyaan Anda. Contoh : Logo perusahaan                 |
|       - Dalam attachment, tunjukkan di mana masalah Anda lagi     |
|       - Jangan lupa tunjukkan contoh hasil yang diinginkan  jika  |
|         problem itu dikerjakan dengan cara lain / manual          |
|                                                                   |
|   7 Jangan nyalakan "request delivery receipt" dan "request read  |
|     receipt" karena akan menyebabkan message yang masuk ke group  |
|     bertambah banyak.                                             |
|                                                                   |
|   8 Terkadang perlu juga untuk menyebutkan versi Excel yang Anda  |
|     gunakan. Sehingga solusi yang diberikan lebih sesuai.         |
|                                                                   |
|   9 Jika sudah ada yang menjawab pertanyaan Anda, dan Anda tidak  |
|     puas, atau solusi yang diberikan tidak  sesuai  dengan  yang  |
|     Anda inginkan, hindari posting 1 baris seperti :              |
|             "Tidak bisa tuh...", "Kok ga bisa yah"                |
|     Perjelas lagi keinginan Anda, misalnya  dengan  menceritakan  |
|     bahwa dengan solusi tadi hasil yang muncul adalah X,  tetapi  |
|     yang Anda inginkan adalah Y.                                  |
|                                                                   |
|  10 Jika belum ada yang menjawab, tanyakan lagi, tapi  sebaiknya  |
|     jangan pada hari yang sama. Tunggulah 2 atau 3 hari kemudian  |
|     karena di sini banyak yang membaca posting Anda. Masalahnya,  |
|     ada kemungkinan memang  tidak  ada solusinya, atau... rumit.  |
|     Saat posting kembali, tulis  pertanyaan  Anda  dengan  lebih  |
|     detail, jangan post pertanyaan yang sama.                     |
|                                                                   |
|  11 Jika sudah ada yang menjawab, dan memang sesuai dengan  yang  |
|     Anda inginkan,  ucapkan  terima  kasih  langsung  ke  e-mail  |
|     penjawab. Jangan  kirim ke group, kecuali jika ucapan terima  |
|     kasih itu disertai dengan pertanyaan baru lagi.               |
|                                                                   |
|  12 Jangan  selalu  bertanya  ke xl-mania-ow...@yahoogroups.com.  |
|     Cobalah bertanya ke XL-mania@yahoogroups.com  karena  solusi  |
|     yang diberikan lebih bervariasi.                              |
|                                                                   |
|  13 Jika Anda tahu jawaban atas permasalahan orang lain,  jangan  |
|     malu untuk menjawab, walaupun Anda juga dalam taraf belajar.  |
|                                                                   |
|  14 Saat mereply suatu posting, taruh reply Anda di bagian atas,  |
|     jangan di bagian bawah. Ini memudahkan member  lain  membaca  |
|     jawaban / reply dari Anda.                                    |
|                                                                   |
|  15 Berikan signature  dan  nama  panggilan Anda,  jangan sampai  |
|     orang lain  memanggil Anda, "...hai Mr qc...@ptxyz.co.id..."  |
|     atau "...begini, Mbak assembly-innerp...@abc.co.id..."        |
|                                                                   |
|  16 Jangan gunakan huruf besar semua, karena di dunia  maya  dan  |
|     di mailing list/ forum, artinya adalah Anda sedang berteriak  |
|     atau marah-marah.                                             |
|                                                                   |
|  17 Hindari cc ke personal / membanjiri e-mail individual dengan  |
|     pertanyaan.                                                   |
|                                                                   |
+-:: TIPS MENJAWAB DI XL-mania ::::---------------------------------+
|                                                                   |
| Jawaban untuk tiap masalah sangat  fleksibel. karena itu tipsnya  |
| mungkin lebih sedikit :                                           |
|                                                                   |
|   1 Mohon dalam merespons e-mail  member  lain  tidak  mengganti  |
|     subjectnya. Contoh subject pertanyaan :                       |
|             "Membuat grafik stacked pie"                          |
|     Contoh subject reply yang diharapkan :                        |
|             RE : "Membuat grafik stacked pie"                     |
|     Contoh subject reply yang TIDAK diharapkan :                  |
|             RE : "Membuat grafik stacked pie (SOLVED)"            |
|             RE : "Jawaban membuat grafik stacked pie"             |
|             RE : "Jawaban membuat grafik stacked pie, revisi"     |
|                                                                   |
|   2 Menjawab tidak harus memberikan solusi saja. Anda dapat :     |
|       - Berdiskusi, sharing                                       |
|       - Memberi kritik atau cara lain yang  menurut  Anda  lebih  |
|         baik / efisien, memberi saran perubahan metode kerja      |
|                                                                   |

:::: TENTANG MACRO / VBA ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

+-:: PENGGUNAAN MACRO / VBA ::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Berikut ini adalah beberapa petunjuk tentang macro :              |
|                                                                   |
|   1 Peringatan tentang adanya macro pada  suatu  file saat  file  |
|     bukan berarti file tersebut mengandung virus.  Macro  memang  |
|     dapat berbahaya, tapi dapat juga membantu pekerjaan.          |
|                                                                   |
|   2 Untuk mengaktifkan macro, ubah  macro  security  ke low jika  |
|     SELALU bekerja dengan macro dari sumber terpercaya :          |
|        Tools, macro, security, low, ok, keluar dari  excel, buka  |
|        lagi file Anda [tahap ini tidak perlu diulang lagi  untuk  |
|        aktivasi berikutnya]                                       |
|                                                                   |
|   3 Jika anda tak selalu  bekerja dengan sumber terpercaya, ubah  |
|     setting security macro ke medium, sehingga Anda dapat segera  |
|     mendeteksi apa ada macro  dalam  suatu file dan apakah macro  |
|     tersebut berbahaya atau tidak :                               |
|        Tools,  macro,  security,  medium, ok, keluar dari excel,  |
|        buka lagi file Anda [tahapan ini tidak perlu diulang lagi  |
|        untuk aktivasi berikutnya].  Saat  membuka file itu lagi,  |
|        pilih "Enabled"                                            |
|                                                                   |
|   4 Moderator akan menyaring macro  yang  sifatnya  "berbahaya",  |
|     jadi member tidak perlu  khawatir  untuk  melihat  file-file  |
|     dengan macro di XL-mania                                      |
|                                                                   |
|   5 Saat seseorang memberi Anda solusi dengan macro, Anda  dapat  |
|     mengcopy syntax yang diberikan melalui : menu tools,  macro,  |
|     visual basic editor                                           |
|                                                                   |
|   6 Untuk Anda yang awam mengenai  macro,  dapat  mempelajarinya  |
|     melalui :                                                     |
|       a. File-file di yahoogroup XL-mania :                       |
|          http://groups.yahoo.com/group/xl-mania/files/lessons     |
|       b. Tools, macro, record new macro [Anda perlu mengaktifkan  |
|          macro terlebih dahulu seperti pada poin 2 dan 3]         |
|                                                                   |

:::: TENTANG MODERASI :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

+-:: MODERASI DI XL-mania ::::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| Berikut ini adalah aturan moderasi di XL-mania :                  |
|                                                                   |
| :: PASTI DI-DELETE [message tidak diapprove]                      |
|                                                                   |
|   1 MLM, money game, berita, OOT, iklan tanpa izin khusus, SARA,  |
|     testing, pembicaraan pribadi / tidak relevan, testing :       |
|        "Wowww... signaturemu keren, gimana cara bikinnya?"        |
|        "Wah hebat, kerja di mana mbak?"                           |
|        "Boleh nih kursus, tinggal di mana mas?"                   |
|                                                                   |
|   2 Worm, virus, trojan, macro berbahaya                          |
|                                                                   |
|   3 Repost message yang sama dalam tenggang < 3 hari              |
|                                                                   |
|   4 Pertanyaan yang terlalu general / hanya 1 baris saja:         |
|        "Excel saya kok sering hang ya?" [tanpa penjelasan]        |
|        "Ada yang udah liat Excel versi terbaru?"                  |
|        "SUM itu apa ya?" [pencet F1 please!]                      |
|                                                                   |
|   5 Pertanyaan seputar hacking / cracking                         |
|                                                                   |
|   6 Pertanyaan / jawaban  yang   tidak  sopan,  melecehkan  atau  |
|     ditulis dalam huruf besar semua                               |
|                                                                   |
| :: MUNGKIN DI-DELETE [kalau moderator  lagi  nganggur, "mungkin"  |
|    akan diforward japri, tapi ga janji deh... ^_^ hehehe...]      |
|                                                                   |
|   1 Attachment penting, tapi ukurannya > 200 kb                   |
|                                                                   |
|   2 Ucapan terima kasih [mohon disampaikan  japri / langsung  ke  |
|     orang yang bersangkutan]                                      |
|                                                                   |
|   3 Respons satu baris :                                          |
|        "Diinstall ulang aja mas excelnya"                         |
|        "Ehhh... saya juga pernah kejadian gitu tuh"               |
|                                                                   |
| :: DI-APPROVE JIKA MESSAGE HARI ITU SEDIKIT                       |
|                                                                   |
|   1 Bagian bawah message ada message lama yang tidak perlu        |
|                                                                   |
|   2 Subject tidak jelas: "tanya", "tolong", "urgent", "help pls"  |
|                                                                   |
|   3 Request yang sangat sulit / tidak  mungkin / negatif :        |
|        "Bagaimana  cara  menggunakan Excel  untuk   menyembuhkan  |
|         tupai saya yang sedang pilek?"                            |
|        "Bagaimana  cara  membuat virus dengan Excel?" [Well, ini  |
|         sebenarnya mungkin dilakukan... tapi gimana gitu lho...]  |
|                                                                   |
|   4 Pembuatan aplikasi rumit dengan Excel [serius, ga  ada  yang  |
|     respons kalau terlalu rumit]                                  |
|        "Tolong buatin program yang inputnya  *bla*  *bla*  *bla*  |
|         *bla* *bla* *bla* *bla* [sampai  300 baris],  ntar  saya  |
|         kirimin cumi-cumi deh sebagai ucapan terima kasih"        |
|        "Tolong buatin saya program penjadwalan mesin dong,  yang  |
|         lengkap dari setting mesin sampai penjadwalan pekerja"    |
|                                                                   |
|   5 Jawaban yang sama untuk satu topik sama                       |
|                                                                   |

:::: PENUTUP ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

+-:: KRITIK / SARAN ::::::::::::::----------------------------------+
|                                                                   |
| untuk mengirimkan saran ke moderator kirim e-mail ke :            |
|     xl-mania-ow...@yahoogroups.com                                |
|                                                                   |
+-:: AYO AJAK TEMAN-TEMAN ANDA :::----------------------------------+
|                                                                   |
| Ajak teman join dengan mengirim e-mail kosong dari alamat e-mail  |
| mereka ke : xl-mania-subscr...@yahoogroups.com                    |
| Anda juga dapat mengundang mereka dengan  mengirimkan  file-file  |
| menarik dari :                                                    |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
| Selamat ber-EXCEL ria!!!                                          |

| Support www.XL-mania.com                                          |
| BCA, 466 121 2564, cabang citraland mall                          |
| Mandiri, 117 000 419 4601, cabang kyai tapa                       |