Hello Gank!

Di  hari  Kamis  jam  15:29:40 GMT +0700 ( 14/06/2001 15:29 GMT +0700)
Indradjaja Dalel menulis:

> Message ini sempat macet. Saya kirim lagi.

Oops my fault, sorry ;-;

Sekitar   2   hari   yl,  saya  mengaktifkan  "Anti  Spam"  di  Server
Dutaint.co.id,  server saya akan mencheck validitas Mail Server sender
(technically  namanya Reverse Lookup Checking), jika tidak valid, maka
akan koneksi langsung diputus. Dalam bahasa yg gampang (perlu nih, dpd
nanti  di  protes  lagi  oleh Pak Budiono), fasilitas yg saya aktifkan
kira-kira begini :
   Jika ada message yg dikirim oleh seorang sender melalui Mail Server
   tertentu, maka Mail Server saya akan checking :
   1. Apakah  domain  Sendernya  valid  (nama  domainnya terdaftar di
      Internet).
   2. Apakah  Mail  Servernya  valid  (nama  HOST/PC nya terdaftar di
      Internet).
   3. Apakah "sapaannya" valid (saat 2 Mail Server berinteraksi, maka
      mereka saling memperkenalkan diri terlebih dahulu, misalkan saja
      Mail  Server saya akan ngomong "HELO dutaint.co.id", yg mestinya
      dijawab " HELO link.net.id")

   Jika  ke-3  hal  diatas  tidak  valid,  maka  koneksi akan langsung
   diputus  oleh Server saya (disertai alasan rejection), dan original
   sender akan terima "bounce" message error.

Cross Checking ini diperlukan mengingat sekarang ini banyak sekali UCE
(Unsolicited Commercial E-mail atau yg lebih dikenal dg nama SPAM atau
Junk Mail) bertebaran di Internet.

Adanya  cross checking ini bukan berarti bahwa user-2x saya tidak akan
lagi  menerima  UCE  Mail, akan tetapi dgnya saya akan bisa menelusuri
asal  dari  (pengirim)  UCE  mail.  Ibaratnya,  jika  ada  orang kirim
"parcel" ke saya, maka saya akan tanya rinci "siapa pengirimnya", "KTP
si  pesuruh yg kirim parcel", shg jika ada masalah dg parcel itu, maka
saya  akan  bisa  cari  rumah  si  pesuruh  (jika perlu), dan akhirnya
mencari si pengirim asli (karena mekanisme diatas mengharuskan agar si
pesuruh men check validitas si pengirim asli).

Saya  lupa,  bahwa  semua mail yg ditujukan ke Milis ini sdh saya ubah
flow-nya,  sebelum  masuk  ke Milis akan di screening dulu oleh server
dutaint.co.id  (ListServer  ditempatkan  di server lain, dutaint.com),
akibatnya   legitimate   sender/member   yg   kirim  mail melalui Mail
Server yg tidak disetting dg benar akan di reject.

Pak  Indradjaja  kirim  mail  melalui  LinkNet,  dan kebetulan LinkNet
settingnya  tidak  baik (tidak mengikuti aturan/standard RFC, standard
International  untuk  Mail Server), akibatnya messagenya di tolak oleh
server dutaint.co.id.

BTW.  Sebenarnya  saya lebih senang jika fasilitas Anti Spam ini tetap
aktif  (sekarang  saya  non  aktifkan,  agar Pak Indra dan member lain
tetap  bisa  posting  ke  Milis),  saran  saya  ke  Pak  Indra  : agar
disampaikan  ke  pihak  LinkNet,  bahwa PTR Record untuk MailServernya
agar  dibuatkan  (sampaikan  begitu  saja  Pak,  kalau  mrk tdk ngerti
maksudnya,       keterlaluan,      sampaikan      utk      menghubungi
[EMAIL PROTECTED])

- Syafril -

Old Ekek Never Die, They Just Regenerates!
YON-1 ITB <RET> A-7911664

#...Moderator and Fellow [EMAIL PROTECTED] List Member...#

--
On-line arsip : <http://yonsatu.mahawarman.net>