Hello Gank,

On  Sun,  6 Jan 2002 at 21:29:04 GMT -0800 (PST) (which was 07/01/2002
12:29) "Rifki Muhida"=[RM] wrote to [EMAIL PROTECTED] :

> Dahulu    tahun    1999   saya   pernah   membuat   milis   namanaya
> [EMAIL PROTECTED]    (masih   egroups   bukan   yahoogroups)yang
> anggotanya  sekitar  15  orang,  kebanyakan  angkatan  muda  yon  I,
> angkatan  26 kebawah(26,27,28 dst), salah satu anggotanya pak Samuel
> beta,  tatang,  aris  yunanto,  saiful  hakim, adi nur, dan beberapa
> anggota aktif, mungkin juga pak simamora (saya lupa ).

Aha,  nampaknya  ini  valid,  krn  saat awal berdirinya Milis ini saya
diberikan  DATA  oleh  Pak  Beta  yg  isinya  member-2x  diatas utk di
subscribe.

> Setelah  muncul  milis tentang yon I yang dikelelola oleh pak safril
> milis  [EMAIL PROTECTED]  tidak  saya aktifkan lagi, dan rasanya
> semua  nggota di [EMAIL PROTECTED] sudah bergabung kedalam milis
> yang  dikelola  pak  safril.

Sebenarnya  Server  saya dibandingkan dg Servernya Yahoogroups.com tdk
ada  apa-2xnya  (disitukan  ada  ribuan  Milis), baik kapasitas Server
maupun bandwithnya, cuma saya  berpikir :

1. Member dari Milis Mahawarman tentunya kebanyakan di Indonesia, jadi
   koneksinya   pasti  ke  ISP  nasional,  kenapa  kita  harus  buang
   "bandwith  connection"  ke luar negeri, itukan buang-2x devisa juga
   (walaupun  kecil  sekalipun),  bandwith  connection  itu mahal :-).
   Suara-2x  'hematlah  devisa/bandwith"  ini  saya peroleh dari Milis
   [EMAIL PROTECTED]   (dh  [EMAIL PROTECTED]),  dimana  saya
   ketemu dg Dayan dari Menwa Universitas Sriwijaya Palembang.

2. Sejak Juli 1999 server saya running International (English) Public
   List  (ada  3 Milis dg member sekitar 500/300/100), disamping Milis
   Nasional  (ada  2, dg member 50-an) jadi saya yakin bhw server saya
   akan  sanggup  utk menangani jumlah member s/d sekitar 1000-an high
   traffic   (traffic   Milis   yg   3   diatas  rata-2x  diatas  150
   posting/days saat peak session).
   Milis-2x  itu  hosting  free di tempat saya (just for fun <G>), shg
   saya  berpikir orang luar saja saya fasilitasi, kenapa bangsa dewek
   tidak.

> Milis  yang  dikelola  pak  safril sudah sangat representatif selain
> didukung  fasilitas server yang memadai, banyaknya milis tentang yon
> I, akan membuat perhatian kita menjadi bias.

Spt yg pernah saya sampaikan, setiap Milis tentu lain concern-nya, itu
sebabnya Milis [EMAIL PROTECTED] beranak pinak.
Mengenai   concern   untuk   Milis di mahawarman.net sesuai dg diskusi
kami  di Milis TF, saya kutipkan copynya, dg harapan member mengetahui
posting apa dialamatkan ke Milis mana :