Wcds kerabat dan rekan-rekan,
Posisi saya sekarang di Surabaya, garap 'mainan' baru dengan suasana dan skala yang
beda dari sebelumnya. Biasa-lah, ... mulai dari nol, dan ... banyak tantangannya,
itulah asyik-nya !
Nah, membuka milis dan email baru kali ini-lah bisa rutin, ... sehari 2-3 kali karena
line-telpon-nya langsung nyantol. Maka bisa diluangkan waktu dikit untuk gabung di
milis lagi.
Kali ini saya masuk-kan cerita kenangan unik yang anda sendiri nilailah apa maknanya !
Dalam kejadian ini yang kualami menyangkut itung-itungan orang awam ... 'just the
ordinary lay-man' ... jadi janganlah dibandingkan dengan skala pengusaha atau
konglomerat gede, yah ... skala TKI yang biasa-biasa begitulah !
Bab. 15 "Ejekan" Dubai.
Bulan Agustus 1998. Sudah 3 bulan penuh dana termen dari Panitya Pembangunan tidak
turun sama sekali, ... berarti 'no income', termasuk untuk menahan tenaga kerja
lapangan. Sekitar 130 orang dengan berat hati terpaksa kita rumahkan yang tersebar di
daerah Jatim. Sedang yang berasal dari Jabar / DKI tetap dipertahankan dalam skala
kecil karena kalau job jalan lagi maka biaya mobilisasi mereka biasanya paling tinggi
dan memakan waktu lebih lama.
Untuk TK ex Jatim kita bisa mobilisasi dalam waktu kurang dari 24 jam saja sudah
terkumpul.
Saat-saat seperti itu kuluangkan waktu untuk 'browse' ke koneksi internet yang baru
kuperoleh dari seorang teman. Karib ini maksa-maksa ngasih modem-nya yang segede
'pocket-book', ... katanya; ... "wuah ini penting, jaman multi-media begini kalau you
enggak mau atau kagak bisa pake email, ... mampus lu ... ketinggalan jaman, ... masa
aku musti kirim gambar apa data engineering pake fax ?" nyerocos-nya serius sambil
melotot, ... padahal dia lebih muda dari aku !
Nah, ... karena saat itu mulai kerasa mau 'mampus', saya buktikan hasil latihan
'sending and receiving mails'. Dan ... Ceklek ... ada info; job di middle-east
memerlukan advis erection suatu struktur.
Tepat 17 Agustus 1998 mendarat di Jkt, ... rapat, ... periksa gambar, ... check ulang,
... bikin konsep dan ... usulan metodanya. Keluarkan proposal, konfirm harga, periksa
lagi dst dst.
Saat itu secara paralel semua persyaratan visa, sponsor dll sudah siap dan dikeluarkan
oleh proj.manager yang punya gawe tersebut dari Dubai.
Lucunya harga yang saya ajukan (dengan hati was-was) bergerak dari angka awal saya
US$.17,500.00 ke 32,000.00 terus ... 75,000.00 untuk tugas supervisi yang akan saya
pimpin selama ... 2-3 minggu, atau katakan paling lambat 4 minggu-lah (tanpa lihat
lapangan dulu).
Yang akan berangkat (kalau diterima), yaitu aku ndiri nambah satu supervisor
andalan-ku, sedang tenaga lapangan diambil setempat dengan perkiraan rate sekian per
hari.
Jebret ... kirim fax, plus email plus kontak telpon. Inti jawaban-nya ... "don't
bother about the price, just come here immediately!"
"Gimana ?", kutanya rekan-ku. "Up to you, ... bukan gua yang berangkat inih !"
cetusnya kering.
Ok, karena sudah ada ticket pp dan sangu US$.150.00 per hari, rasanya enggak ada rugi
jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kukunjungi, apalagi semua lodging hotel,
makan, transport dst 'provided'.
Begitu set, mulailah saya dengar 'musik'; ... jangan begini, jangan begitu, jangan
kasih tahu caranya, teknik atau metodanya, jangan sampe kena bajak, ... lu musti balik
cepet-cepet lho !
Ujung-ujungnya supaya proposal kita jangan ditiru begitulah maksudnya. Ini tender atau
apa kupikir.
Pr.manajer job Jatim sudah kuberitahukan akan 'ngelencer' beberapa hari, jadi tidak
ada halangan lagi 'at this and that end', so ... ok-lah ... go ... mereka tidak akan
kehilangan aku selama beberapa hari !
Tanggal 18 besoknya berangkatlah aku lewat Colombo ... sampai Dubai selama 5-6 jam-an.
Pesawat 'fully occupied', ... yang 75% diantaranya pakai ... kerudung putih atau warna
muda lainnya, ... seragam coklat atau hitam-gelap ... rupanya sama-sama ... beta juga
TKI nih, ... cuman ... bawaan-ku lap-top pinjaman ... he he he.
Sampai sore disana, ... sahabat lamaku yang orang Belanda gede sudah menanti. Dia
nambahin briefing lagi sambil nyetir. "Mana driver-nya ?" ku-tanya, karena waktu
kiprah di Jkt enggak pernah kulihat dia bawa car sendiri. "Too expensive", jawabnya
serius, ... weleh-weleh 'krismon' melanda disini juga, ... eh ternyata bukan, bayaran
supir disini itung-itung sudah 3 kali lipat gaji tertinggi gue !
Udah deh capek ngitungin kurs dan banding-bandingkan dengan rate Rupiah yang setiap
hari hanya bergejolak satu arah, ... naiiiik melulu. Stop bicara 'rates', pake
bank-note US$. titik.
Dari briefing sambil keliling kota dari airport, lewat job-site yang akan di garap.
Mana dia lokasi-nya? Buset, 'tak' kira di lapangan terbuka atau katakan saja di atas
lantai satu atau dua.
Tahunya diatas lantai 7 suatu blok bangunan podium yang sudah tertutup dinding !
Mana bisa selesai dengan cara manual, ngangkat struktur-nya pake apa, crane tidak bisa
masuk ! Di hotel mikir lagi dengan memperbaiki metoda yang akan di presentasikan
besoknya.
Hari itu belum bisa berkunjung ke site, baru ke-esok-an harinya appointment jam 09:00
Malam berlalu dengan cepat. Subuh jam 05:00 udah bangun, keluar hotel dengan kaca
berembun, ... wush ... terasa udara panas padahal masih pagi buta, tidak kelihatan
satu orang-pun di jalan. Dari peta sudah diatur rute jogging yang akan kulakukan pagi
itu, cara inilah yang paling cepat untuk mengenal dan adaptasi dengan daerah baru ...
'wake-up early'.
Kalau di Yon-1 ... hayo, hayo, bangun, ... apel, atau ... piket, atau ... gerak jalan
Saya set rute antara 4-5 km lewat harbour. Mulailah lari ringan, jalanan rapih, semua
hot-mixed, tanaman dan bunga baru di pinggiran trotoir nampak disana sini beronggok di
atas tanah coklat dengan bercak hitam tanda pupuk.
'Curious' memperhatikan tanaman disini, ... wah ... dimana-mana ada jaringan pipa
bawah tanah, mulai dari 5" yang utama, 2" cabang, 3/4" yang menjulur sepanjang jalur
jalan kaki dan ... terakhir selang kecil 6 mm hitam yang menjulur pada setiap, ...
diulang, ... pada setiap pokok pohon ! Bukan main, pantes saja di udara yang panas
kering begini daun dan bunga tetap saja tumbuh ! Setiap 15 menit atau sesuai
setelan-nya, ... creeet ... air keluar nyemprot disekitar akar pohon tersebut.
Bahkan untuk pohon besaran seperti jenis kelapa gading atau ketapang yang belum 6
bulan ditanam-nya masih memerlukan 3-4 selang sprayer hitam yang cret cret tersebut.
Berapa biayanya untuk merawat tanaman begini.
Pantesan dulu seorang teman pilot B-737 MAS yang masih punya peluang untuk ningkatin
karier malahan melepaskan job-nya dan ... berkiprah dagang tanaman dan ngurus
land-scape di 'middle-east', ... betul-betul petro dollar yang bicara.
Mendekati pelabuhan, hanya satu orang yang jaga, waktu tanya malah dipersilahkan boleh
masuk tanpa macam-macam. Dia tahu ini bukan orang gila mau lari pagi cekeran begini.
Pelabuhan dan jetty nya bersih dan lengang, tidak ada kegiatan sama sekali di pagi
itu. Jalan pulangnya masih tetap sepi ... kapan mereka bangun-nya pikir-ku.
Singkatnya dengan basah kuyup kembali ke hotel setelah lebih dari 1/2 jam keliling,
... lumayan biar badan enteng, ... siap 'tempur' pagi nanti.
Dilanjutkan, ...
dari  joseph wardi.