In article 003601c24626$f1926540$1900a8c0@Client dated Sun, 18 Aug 2002
02:47:38 +0700 Akhmad Bukhari Saleh (ABS) wrote:

> Dari ngobrol-ngobrol dengan local-staff tersebut, kelihatannya apa
> yang dalam Babad Tanah Jawi disebut sebagai "Putri Cempa", yang oleh
> orang Jawa disebut juga "Putri Cina" itu, besar kemungkinan sebetulnya
> bukan putri dari Cina, tetapi putri dari suku Cham ini. Jadi hubungan
> kultural Indonesia-Kamboja rupanya sudah berlangsung 500-an tahun.

Kalau nama negara 'Campa' adalah 'Kambodia/Kambodja' memang sudah
disebutkan dipelajaran sejarah SD kita, 'Putri Campa' adalah Permaisuri
Raja Jayanegara (raja ke-2 kerajaan Majapahit). Tetapi saat itu
Majapahit beragama Hindu.

> Dalam berbagai literature Barat, suku Cham itu disebut sebagai Cham
> Malay, atau Moslem Khmer. Bahkan literature yang sama ini menyebutkan
> bahwa di abad ke-8, bangsa Khmer pernah diserbu orang Jawa (disebutnya
> Javanese Malay), dan mendudukinya selama beberapa puluh tahun.

Itu Majapahit Pak yg menyerbu kesana, dari pelajaran Sejarah Dunia
jaman SMP dulu disebutkan Majapahit begitu berkuasa, sehingga sampai
pasang 'prasasti' di Tanah Genting Kra, bhw siapapun yg lewat daerah
itu harus bayar pajak ke Majapahit.

mmm....rasanya ada sekali lagi serbuan kesana di jaman Kerajaan Demak,
yg dilakukan oleh Pangeran Sabrang Lor, cuma saya tidak ingat pasti
apakah memang sampai ke negara Campa (seingat saya cuma sampai Malaka
saja). Kerajaan Demak sudah jamannya Islam.

> Pengaruh budaya Melayu di Kamboja antara lain tampak dari banyaknya
> kota-kota di Kamboja (yang umumnya berukuran kecil) yang namanya
> dimulai dengan kata "Kampung". Tetapi dengan ejaan mereka, lafalnya
> menjadi "Kämpong" atau "Kompong".

Oh begitu, jadi 'kompong' itu artinya kampung di bahasa kita :-)

Waktu itu ke Kambodja dalam rangka apa Pak ?

Syafril Hermansyah<[EMAIL PROTECTED]>