Yth. Pak Indradjaja Dalel, terima kasih E-mailnya.

Memang demikianlah seharusnya kita ber"E-milia" pada milis yon satu ini agar
bisa memberikan manfaat dan tauladan bagi siapapun juga (terutama diri kita)
serta yunior atau senior kita yang dengan terpaksa/tidak terpaksa ikut
membaca (karena sebagai anggota milis). Karena itu dalam bersilaturahim atau
berdiskusi, jika dilakukan dengan semangat "kebersamaan dan kesetaraan"
tanpa memandang pangkat, jabatan, senioritas dsb, pada gilirannya akan
banyak manfaat yang kita peroleh.

Karena itulah saya mohon diri dari diskusi yang "agak sensitif" ini,
mengingat masing-masing pihak meyaqini kebenaran sesuai ukuran masing-masing
yang semakin meruncing tidak menentu. Dengan ucapan mohon maaf (mumpung
bulan suci Ramadhan) kepada anggota milis yon satu (terutama pak Akhmad
Bukhari senior saya) bila ada hal-hal yang tidak berkenan dalam diskusi
topik yang "hangat" ini.

Kebenaran adalah milik Yang Maha Benar sesuai "pegangan" yang kita yaqini.
Jadi bukan berarti besar atau jumlah mayoritaslah yang menjadi ukuran
kebenaran.

Kita patut mencontoh ikan laut yang selama hidupnya berada pada laut yang
asin, tetapi daging ikan laut tidak pernah kita rasakan asin kecuali kita
"garami" sebagai ikan asin.

Salam
Asodik

---