Assalamu'alaikum Dimas Sudarma ,
Wah , lagi di Denpasar , ..apakah ikutan acara HUT nya pak "TK"??

Tentang windpower untuk  pompa air , sudah banyak dicoba , antara lain di
Jakarta , Sumbawa Besar dan Jepara . Tetapi hanya bersifat mekanis dan tidak
besar . Di Sumbawa malahan digabung dengan energi surya (hybrid)  , tetapi
khabarnya sudah tidak jalan lagi .
Khusus untuk energi angin , kita harus punya data background  minimal
5(lima) tahun terus menerus , sehingga bisa mengetahui "kelakuan"  angin .
Dari data ini barulah kita bisa membuat disain kincir dan turbin yang sesuai
, termasuk jumlahnya yang akan diletakkan pada suatu daerah  dataran
("windfarm = kebun angin") sehingga bisa dimanfaatkan sebanyak2nya untuk
pembangkit listrik .
Kalau di Bali , mampir di Klungkung , lihat proyeknya  Bpk. Ktut Carma ,
yang sedang membangun proyek  PLTS sebesar 175 MW .
Selamat bertugas , sampai jumpa dalam Team  CORPS BANGUN DESA .
Wassalam ,
Priyo PS