On Thu, 27 Feb 2003 13:49:00 +0800 Wimoko, Gardjito (Supraco) (WG)
wrote:

> Membiasakan banyak membaca akan membantu mengembangkan IQ, wawasan dan
> kedewasaan berpikir --- begitu kata psikoloog.

Saya sih cuma hobby doank, kebetulan aja menurun ke anak-2x shg istri
saya yg kebingungan meletakkan buku mau dimana lagi (Al Hamdulillah
istri saya rajin menyampul shg buku-2x lumayan kerawat).

> Bacaan "anak-anak" / remaja waktu itu sampai Suku Mohawk Terakhir
> (untuk versi legenda Suku Indian) masih saya ikuti. Juga dengan cerita
> petualangan sisi lain seperti Kontiki, Keliling Dunia 80 hari, dan 44
> hari, Tom Sawyer, Hucklebarrifin, Goa Nabi Suleman, Pendakian
> Himalaya-oleh Sir Hillary, dsb dsb ---- begitu banyak pustaka yang
> secara tak langsung membantu "mendidik" kita waktu itu.

Saya juga baca dan punya buku-2x diatas.

> Tapi sekarang .... ?? saya tidak tahu bacaan-bacaan apa yang (bisa)
> populer dan se-kwalitas (atau mungkin lebih) dari bacaan tempo-doeloe
> itu untuk di-konsumsi oleh "Cucu-Cucu" saya (sudah punya 2-cucu
> lucu-lucu waktu ini) Ataukah sudah dapat digantikan oleh Komputer,
> atau materi-materi pendidikan yang dikemas dalam VCD, termasuk Latihan
> Matematika metoda KU-MON  (tentu untuk kalangan terbatas yang
> mampu)untuk menyiapkan & mencerdaskan anak-anak bangsa ini ????
> ------ Mungkin ada yang bisa memberi masukan saya tentang hal tsb
> diatas ?!

Anda benar Om, jaman sudah berubah shg koleksi sayapun hampir nggak
pernah disentuh oleh anak-2x saya, mrk punya koleksi sendiri spt Kungfu
Boy, Detektif Konan, Kenji, Dora Emon.
Bahkan buku-2x remaja yg sempat saya baca semasa kuliah (dulu setiba di
Bandung th 1977 saya langsung mendaftar sbg anggota Taman Bacaan di jl.
Sabang no 29) spt Trio Detektif, serial Si Pulung (pengarangnya asli
Indonesia) tidak diminati anak-2x saya.

Buku-2x yg kami share saat ini adalah serial Hary Potter (sdh s/d jilid
4), bahkan punya VCDnya (s/d jilid 2), Kungfu Boy dan Kenji (2 terakhir
cerita bergambar)...oh ada satu lagi cerita ttg jagoan bilyard (lupa
judulnya).
Saat ini kami menerapkan kebijakan kalau anak-2x mau beli cerita
bergambar (umumnya terbitan elexmedia komputindo) disyaratkan juga beli
dan baca buku cerita tdk bergambar macam serial ilmu pengetahuan (ada yg
ttg Newton, AlvaEdison, Wright Bersaudara, Ford dll), jadi rada dipaksa
gitulah :-)
CD Playstation yg paling bagus (menurut saya) adalah Harvest Moon.

--
syafril
-------