Assalaamu 'alaikum wrwb,

Saya ikut urun rembug,
Dalam cita-cita Menwa adalah:
Mahasiswa yang mempunyai Profesionalitas,
Kepemimpinan,
Disiplin, Wawasan Kebangsaan dan Tangkas dlsb.
Saya yakin ini juga yang diinginkan Bangsa maupun
Masyrakat Indonesia secara luas.
Hanya karena zaman, sekarang ini Militer tidak trend
dinegara kita, yang menjadikan Menwa ditolak atau
tidak
trend dikalangan Mahasiswa. Hal ini harus dicari
sumber atau pokok dari Permasalahan, mungkin kita bisa
mencari bersama-sama, yang mana kita harus carikan
way-outnya.
Contoh: Apakah dari bajunya yang hijau yang jadi
masalah? Padahal ilmu-ilmunya disukai oleh masyarakat.
Misal menembak dengan wadah PERBAKIN, terjun payung
dengan wadah AVES SPC dll, gunung-hutan-mountainering
dengan wadah WANADRI, latihan-latihan kepemimpinan
yang ditiru oleh lembaga-lembaga kepemimpinan lain
terutama untuk Boss-boss.
Kesimpulannya, bahwa kita itu adalah KECINTAAN
MASYARAKAT, hanya karena "NILA SETITIK RUSAKLAH SUSU
SEBELANGA" ini yang harus kita cari/definisikan
bersama. Apa yang menjadi NILA di diri kita, yang
pernah jadi MOMOK di masyarakat kita terutama kalangan
mahasiswa. Ini karena pernah Negara kita dipimpin atau
dikuasai oleh Rezim Militer yang mana mempunyai
preseden buruk yang sangat membekas dihati masyarakat.
Tetapi bukannya Militer itu buruk secara keseluruhan,
ada hal-hal baik seperti yang sudah saya uraikan
diatas.
Menurut hemat saya, seorang ahli psychology yang bisa
menemukan apa NILA tersebut, bukan hanya karena hijau
atau loreng bajunya saja. Saya yakin ada yang lainnya.
Setelah ketemu NILAnya, mari dalam kegiatan-kegiatan
atau latihan-latihan kita rubah atau kita kamuflase
bentuk tampilannya.
Yang penting tidak merubah cita-citanya atau fisi dan
misinya!
Saya yakin, kalau hal ini bisa dipecahkan kita akan
kembali MENJADI BESAR insya' allooH.
Wa billaaHit taufiq wal hidayaH,
Wassalaamu 'alaikum wrwb.

M Hardjono S