--- In zamanku@yahoogroups.com, "Sang" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bukti ttg evolusi itu ada didalam khayalan juga.. kita dianugerahi
> kemampuan berimajinasi untuk dgn itu dimanfaatkan untuk memunculkan
> konklusi bahwa manusia asal kera adalah kebenaran mutlak...

Nice

Hukum gravitasi itu sudah ada sebelum Newton menemukan. Newton
mengamati alam yg lalu diterjemahkan dalam suatu hukum. Demikian juga
evolusi, dimana alam yang memberikan petunjuk2nya kepada Darwin. Jadi
ini bukan khayalan.

Pengertian evolusi yg selalu indentik dengan manusia berasal dari
kera sungguh sangat picik. Kalau mau tau, sebelum kera, nenek moyang
manusia itu lebih mirip tikus yg hidup di bawah tanah. sebelum tikus
mungkin menyerupai ikan, dst.

Pengetahuan akan evolusi ini ternyata tidak bertabrakan dengan cabang
ilmu lain seeprti ilmu genetika, arkeologi, geologi, astronomi,
fisika, kimia, dan banyak lagi.

Lalu dimana khayalnya?

=========

> sementara manusia selaku makhluk yg dikreasikan sepertinya adalah
> milik angan-angan dari kaum agamawan, sebab tanpa bukti kuat kecuali
> hanya dari bacaan-bacaan kitab suci yg juga diragukan kebenarannya
> oleh sebagian orang atheis dan agnostik....

Nice

Penciptaan lahir dari ketidak tahuan manusia. Saya masih mempercayai
penciptaan (dari sisi tertentu) karena ada beberapa hal yg masih
belum saya ketahui.

=============

> Bukti ttg kreasionisme lumayan banyak, disamping banyak ditemui
> kelemahan ttg awal pertama kemunculan manusia itu kapan waktunya,
> juga tidak ditemukan bukti kuat dimana munculnya manusia pertama
> terkecuali kitab suci katakan manusia pertama adalah Adam dan
> kemunculan pertama adalah di padang sahara wilayah timur tengah..
> tetapi bukti historis menyatakan bahwa peradaban pertaman dimuka
> bumi ada diwilayah ini terutama oleh bangsa sumeria, bangsa arya dan
> mesir.... artinya kemunculan manusia pertama berkemungkinan benar
> ada di timur tengah.....

Nice

Asal muasal manusia secara science sudah diketahui. Yaitu ketika ada
genus homo yg merubah kebiasaan sehingga membentuk mutasi gen
sehingga membentuk spesies baru bernama homo sapiens.

Homo sapiens awal diperkirakan berada di afrika yg lalu menyebar ke
penjuru dunia. penelusuran migrasi mansia ini sekarang bisa di lacak
melalui DNA. MIgrasi inilah yg melahirkan ide manusia pertama. Ga
heran di setiap bangsa memiliki cerita manusia pertama nya masing2.

===============

> Tetapi bahwa manusia jawa, lalu diikuti manusia berikutnya,
> sepertinya ini tidak masuk akal ditilik dari sudut geografis,
> kenapa? jawabnya adalah faktor jarak dan tekhnologi penyeberangan
> belum ada kala itu kalau betul proses terjadi selama jutaan tahun...

Munculnya manusia diperkirakan 100 ribu tahun yang lalu dimana
manusia sempat mengalami jaman es, dimana ketinggian air laut menjadi
rendah sehingga asia dan amerika bersatu. Demikian juga sumatra
kalimantan jawa dengan asia.

==============

> bumi awalnya adalah atu kesatuan utuh, lalu makin lama makin
> berjarak dan tentu semua itu butuh proses dahsyat yg namanya gempa
> bumi dahsyat.. setiap rekahan selalu diikuti oleh gempa dan berapa
> dahsyat gempa yg terjadi seandainya bumi merengkah memecah jadi
> beberapa benua?.... amat sangat kuat tentunya.... ini yg saya kira
> adalah sebab punahnya jaman dinosaurus.. rekahan bumi yg diiringi
> gempa dahsyat dan makhluk bumi musnah....

Nice

Ngarang abis. Bumi itu di dalamnya masih berupa cairan berbentuk
magma. Sementara di atasnya adalah lapisan keras batuan berbentuk
pelat. Yang namanya di atas cairan, tentunya membuat lapisan keras
ini menjadi tidak stabil dan bergerak terus atau bertabrakan.

Tapi anda betul, para geologis memperkirakan daratan dulunya menyatu
yg dinamakan pangea. Tapi saat itu manusia belon ada.

==============

> Lalu kita ragukan eksistensi Tuhan tersebab manusia bukan bikinan
> Ilahi... pada kenyataannya memang pernah terjadi kemusnahan massal
> dan kemunculan yg baru tentu butuh kreasi lagi dan karena itu saya
> masih yakin bahwa semua makhluk ada pengkreasi tersebab ada masa
> pemusnahan dan masa kemunculan kembali...

Nice

Percaya Tuhan adalah bentuk iman. Karena siapapun tidak mampu
membuktikan adanya Tuhan. Yang namanya iman sifatnya sangat pribadi.
Anda tidak bisa mengatur keimanan orang lain. Makanya saya ga begitu
suka debat soal agama secara ideologi, karena menyangkut iman.

MAsa pemusnahan? yang mana ya? Penciptaan menurut saya ibarat sebuah
program artificial inteligence. Di design, di buat lalu dibiarkan.
Selama pembiaran ini Tuhan tetap menjaga arah designnya dengan
mengirimkan nabi misalnya. Atau ilmuwan Atau filsuf, dsb.. Kalo Tuhan
kerjanya nyiptaaaaaaa terus (kebayang ga seh sekarang ini tiap hari
Tuhan hrs sibuk bikin jutaan makhluk tiap detiknya. Kok kayak orang
tolol. Kan tinggal bikin program rutin untuk itu. Atau bagi pemakai
excel tinggal bikin makronya.

> Sang
>

> --- In zamanku@yahoogroups.com, "Jose Patrick" <jose.patrick@>

> kamu