Friends,

Seorang rekan wanita di Milis SI sent me an email
yesterday, she wrote:

+

"Maaf Mas Leo, aku terpaksa via japrinya Mas Leo ya.
Aku nggak enak je mas kalau via milis... he.. he....
kalau bolak balik nanya. Gimana sih mas kalau pengin
bisa menginterprestasikan mimpi. Aku penasaran banget
mas. Setelah mimpiku yg aneh2x itu (yg aku sms ke Mas
Leo 2 hr yl), setelah itu aku blass.... gak inget sama
sekali mimpiku. Ehhh semalam aku mimpi aneh lagi & itu
masih nyangkut di kepalaku sampe sekarang.

Jadi aku mimpi ikut rombongan mau naik pesawat, tapi
nggak tau kenapa... kok cuman aku yg diganti
pesawatnya. Jadi dari pesawat biasa.... aku dikasih
tahu kalau pesawatku ganti airbus (jujur aja mas, aku
juga gak ngerti pesawat airbus maksude opo.. he..hee).
Tapi yg kulihat... pesawat itu guede banget... aku di
depan pesawat itu bayangin, waduuuh suaranya gemuruh,
tapi aku gak ada rasa takut. Cuman aku gak sempet naik
pesawat itu mas... krn mimpinya keputus.

Tapi setelah tidur lagi... aku mimpi kayak naik kereta
semacam kereta argo. Lucunya lagi... mimpiku bisa
ganti lagi. Aku mimpi naik mobil sama suamiku.... tapi
suamiku nggak nganterin aku sampe tempat tujuan. Jadi
kayak dianterin ditengah jalan, di mimpi itu suamiku
harus nganterin orang. Tapi anehnya kok aku kayak
dijemput laki2x & aku bonceng motor mas. Kenapa ya Mas
Leo kira2x ??...

Aku kalau mimpi kok gak pernah tuntas & selalu mimpi
yg berbeda2x dalam semalam ya mas?.. kenapa ya mas??.
Makasih lho Mas Leo sebelumnya. Tolong dijawab ya
mas... he.. he... agak maksa nih.

+

Dan I shall answer as follows:

Hmmm hmmm hmmm... (For your information, yang bunyinya
"hmmm hmmm hmmm..." ini benernya MANTERA buat manggil
JIN yang bisa interpretasi mimpi).

Prinsip2 dan contoh interpretasi mimpi bisa didownload
dari satu E-BOOK di bagian FILES di Milis SI
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>.
Judulnya "Mata Ketiga, Simbol dan Interpretasinya" .

Mimpi naik airbus (pesawat udara komersil yang paling
gede, busway-nya pesawat udara) artinya MEMBANTING
SETIR dari berjalan atau hidup biasa2 saja menjadi
berpindah ke perjalanan atau hidup yang super cepat.
Serba professional dan non personal.

Terus mimpinya berhenti dan mimpi itu berlanjut berupa
pengalaman naik kereta argo. Nah, kereta argo itu
kereta api ekspress Jakarta-Surabaya, tidak secepat
pesawat udara airbus, tetapi lumayan cepat juga, hmmm
hmmmm hmmm...

Terus mimpinya berhenti dan berlanjut dengan
pengalaman naik mobil bersama suami. Nah, artinya ini
merupakan jalan kehidupan yang normal, biasa2 saja,
seperti dijalani saat ini.

Lalu mimpinya berhenti dan dilanjutkan dengan
pengalaman dijemput oleh orang lain naik sepeda motor,
hmmm hmmm hmmm...

Nah, dari 4 (empat) macam pengalaman itu anda
sebenarnya sekarang berada di PENGALAMAN ALTERNATIF 3
which is NAIK MOBIL bersama suami. Tetapi di dalam
mimpi itu anda juga "melihat" pengalaman2 ALTERNATIF
juga yang bisa anda jalani kalau mau.

Pengalaman naik air bus adalah Alternatif 1.
Pengalaman naik kereta argo adalah Alternatif 2.
Pengalaman naik mobil adalah Alternatif 3. Dan
pengalaman naik motor adalah Alternatif 4.

Jadi, di mimpi itu anda seolah-olah membandingkan
pengalaman apa yang akan anda WUJUDKAN dalam hidup
ini. Apakah mau pengalaman super cepat naik air bus,
pengalaman yang agak lebih cepat dengan naik kereta
argo, pengalaman biasa2 aja seperti sekarang ini yang
simbolnya adalah naik mobil bersama suami, atau
pengalaman dengan kehidupan lebih santai yang
simbolnya naik motor dan dijemput oleh orang lain itu,
hmmm hmmm hmmm...

Dengan kata lain, Alam Bawah Sadar yang ada di diri
anda itu sedang menimbang-nimbang tentang alternatif
apakah yang akan anda wujudkan dalam hidup.
Kemungkinan anda "merasa" bahwa suami anda memiliki
kemungkinan "tidak sanggup" untuk mengantar sampai ke
tujuan sehingga ada alternatif 4 berupa naik motor
bersama orang lain. Orang lain itu bisa single, bisa
juga suami orang, hmmm hmmm hmmm...

+

Kesimpulan: Life is a PROCESS, dan segalanya itu
adalah pilihan2. Anda seorang manusia bebas walaupun
mungkin banyak orang di sekitar anda bilang bahwa anda
tidak bebas lagi karena sudah "dikontrak" oleh manusia
lain yang diberi label sebagai suami anda.

Pedahal, Alam Bawah Sadar anda itu sendiri tahu persis
bahwa anda itu manusia BEBAS, dan segalanya itu adalah
Pilihan / Choice. Kalau anda mau berjalan / hidup di
jalur super cepat, itu bisa dijalani. Di jalur yang
lebih cepat dari sekarang, itu bisa juga dijalani. Di
jalur yang biasa2 saja seperti yang anda jalani sampai
saat ini, itu juga bisa.

Bahkan, kalau mau jalan nyelip2 (disimbolkan oleh
motor yang dibawa oleh orang lain itu), itupun bisa
saja dijalani. Kalau mau, ambil aja, it's YOUR life,
hmmm hmmm hmmm...

Leo

+++

[Leonardo Rimba adalah seorang praktisi Psikologi
Transpersonal. Bersama Audifax, Leo menulis buku
"Psikologi Tarot" (Pinus, Maret 2008). Diskusi dengan
Leo bisa dilakukan di Milis SI; to join just click: