2008/7/22 Lurino <[EMAIL PROTECTED]>:
> jawabannya, ya dan tidak.
>
> kalo maksudnya kaum nasrani awal... mereka memakai simbol salib untuk
> mengingatkan mereka pada penyaliban yesus. tapi ini berarti objek salib
> telah dipakai oleh bangsa romawi sebelum yesus lahir.
>
> dan, lucunya, pada awalnya salib dipakai oleh bangsa romawi untuk lambang
> penghinaan, melainkan sebagai simbol penyucian.

Pak Lurino, kelihatannya kalimat diatas sedikit ganjil ? :)

> inget mitos yggdrasil? pohon dunia-nya bangsa norse itu? masih ingat mitos
> gunung Meru dalam hinduisme? basically, secara kolektif ada mitos tentang
> penghubung antara dunia ini dengan dunia para dewa di atas langit sana.
> salib menjadi simbol bagi pohon dunia ini.

Belum .., saya belum baca, nanti saya cari tahu lagi.

> dengan disalibkan, bangsa romawi menganggap mereka meletakkan para penjahat
> -yang tidak terselamatkan lagi itu- di ranting dari pohon dunia, somehow
> mereka menganggap penyaliban itu usaha untuk memulangkan para pendosa
> kembali pada para dewa yang bertahta di gunung olympus. dan para dewa akan
> melihat para pendosa itu dan berbelas kasih mengurangi hukuman mereka di
> alamnya hades.

Ic ic ..., btw, mengenai penyaliban yesus/isa sendiri kan ada dua versi,
kaum Islam yakin bukan nabi isa/yesus yg disalib, tetapi beliau
diangkat "ke langit"
(di teleport ?) , Saya sendiri pribadi yakin akan yang kedua, yaitu di angkat
"ke langit" ...

Salam,
Wildan

--