PUJI TUHAN dan tuhan-tuhan lainnya.

SALAM SEJAHTERA, SEHAT SELALU DAN PANJANG UMUR AGAR SETIAP HARI BISA TERUS
BELAJAR DARIMANA BERASAL, SEDANG DIMANA, DAN SETELAH INI MAU KEMANA MENUJU.

BANYAK ORANG TIDAK PERCAYA TUHAN, NABI, KITAB SUCI...INDEED YA TIDAK PERCAYA
AGAMA.
KABAR YANG DBERIKAN AJARAN AGAMA SEMUANYA GHAIB, ASING, TELAH BERLALU SEKIAN
ABAD KARENA KITA LAHIR BELAKANGAN. JADI... ITU LAH ALASAN UNTUK MENSAHKAN
KENAPA ORANG MERASA TIDAK HARUS PERCAYA TUHAN, KITAB SUCI, NABI...

SAYA KADANG JUGA MERASA ANEH, DAN BARU SADAR KETIKA SEORANG TETANGGA
MERAYAKAN ULANG TAHUN. ATAS DASAR APA DIA MERAYAKAN ULANG TAHUN PADA TANGGAL
DAN BULAN YANG SAMA SETIAP TAHUN? BUKANKAH TEKS DARI AKTA KELAHIRAN BISA
SAJA DIPALSU? WAKTU DIA LAHIR, JELAS-JELAS DIA BELUM BISA BACA KALENDER, LHA
KOQ PERCAYA KALAU TANGGAL DI AKTANYA ITU HARI ULTAHNYA? DAN DUA ORANG
LAKI-PEREMPUAN DEWASA DI RUMAHNYA, YANG PASTI HADIR SEBELUM DIA LAHIR, DIA
JUGA PERCAYA KALAU ITU BAPAK DAN IBUNYA. HANYA KARENA SEJAK KECIL BERSAMA?
BAGAIMANA JIKA TERNYATA KEDUANYA ADALAH KANIBAL YANG ISTILAH ORANG PRIMITIF
PEDALAMAN PAPUA PRA-1980 'SEDANG MENGGEMUKKAN" UNTUK KEMUDIAN DIKAYAU?

OK, BUKAN DIKAYAU, YANG LEBIH CANGGIH DEH, BAGAIMANA KALAU ETTANGGA CEWEK
SAYA ITU SETELAH CUKUP UMUR LANTAS DIJUAL?

SAYA KEMUDIAN BERKESIMPULAN, KALAU KEPERCAYAAN ITU BISA MUNCUL KARENA
KEBIASAAN.
JADI, BUAT APA DEBAT SESUATU HAL DENGAN ORANG YANG SEJAK AWAL MEMANG TIDAK
TERBIASA BERGAUL DAN BELAJAR TENTANG HAL YANG JADI BAHAN PERDEBATAN
TERSEBUT? BUKANKAH SAMA ARTINYA NGOMONG SAMA BATU?

CU, GBU ALL
ps:
ada yg punya koleksi bendera palu_arit aseli tahun 60_an?