ribet juga sih kalo ngejelasin 129 ayat ke orang ga jelas kayak gini. tapi
ketika saya baca surat ini, ada beberapa fakta menarik yang dituliskan di
dalamnya.

supaya asyik, baca http://www.usc.edu/dept/MSA/quran/maududi/mau9.html deh. di
sini ada penjelasan tentang konteks surat ini.

dan kalo dibaca dengan seksama, surat ini mengijinkan perang terjadi hanya
ketika telah ada perjanjian [atau kondisi?] damai yang dikhianati oleh pihak
lawan, dan pihak lawan telah diperingati tentang konsekuensi dari tindakan
pengkhianatan itu, tapi ga kunjung bertobat ke jalan allah yang benar. kalo dah
terjadi perang... ya sudah, kejam lah kejam. tapi, dengan standar moral arab
pada saat itu, hukum perang dalam ayat ini benar2 lunak dan relatif damai.

masalahnya, sekarang ini, apakah jalan allah cuma satu islam doang? pluralisme
bilang kalo jalan keselamatannya orang islam ya memang cuma islam, tapi jalan
keselamatannya penyembah film porno jelas adalah film porno itu sendiri.

kalo dilihat dari sini, jadinya kembali lagi: gimana ngajarin orang2 bodoh itu
gimana menjalankan syariat islam dengan jalan yang membawa damai sejahtera bagi
dunia.

lurino
/tukangmikir