saya ngerti kalo itu omongannya harun, masalahnya saya ngerasa bantahan anda
relatif tidak berdasar. makanya saya kasi kritikan.

stephen hawking bilang kalo yang diketahui dari blackhole adalah luas
permukaannya. karena itu pusat massanya bisa diketahui. luas permukaan adalah
hasil diferensial dari volume. kayaknya pernah baca di topologi sih, meskipun
ga ngerti2 banget. logikanya, titik pusatnya bola dengan radius r berada di
koordinat yang persis sama dengan titik pusatnya lingkaran dengan radius r,
ketika bola tersebut di-diferensialkan jadi lingkaran. ketika bola
diintegralkan jadi torus pun, lokasi koordinat pusat massanya pun tetap sama.
kita di sini dah ngomongin geometri 4 dimensi.

anyway... ini logika matematikanya: formula 4 dimensi ga bisa dibandingkan
dengan formula 3 dimensi, karena itu salah satu harus diubah jadi supaya kedua
formula ada dalam dimensi yang sama. tapi... nilai konstanta tetap sama.

berhubung ngomonginnya sama2 benda angkasa dalam dimensi massa yang sebanding,
planet dengan planet, bintang dengan bintang, galaksi dengan blackhole...
makanya konstanta planck tetap berlaku, termasuk turunan2nya. ini yang
menjelaskan kenapa atom dan planet bisa sama2 mengorbit, terlepas dari
perbedaan massa antara atom dan planet.

lagipula... atom dan galaksi pun tetap terikat hukum gravitasi. kalo nggak,
galaksi nggak akan memiliki matriks yang sama dengan atom. as simple as that.

lurino
/tukangmikir