--- In zamanku@yahoogroups.com, Lurino <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> saya ngerti kalo itu omongannya harun, masalahnya saya ngerasa
bantahan anda relatif tidak berdasar. makanya saya kasi kritikan.

Nice
Si Harun ngomong berdasarkan fenomena yg benar tapi dengan pengertian
yg salah. Inikan menyesatkan. Bahkan andapun menerangkan secara salah
dengan mengatakan mirip pusaran air. Air itu memiliki molekul2 yg
saling mengikat, artinya ada kesinambungan ketika sebagian molekulnya
tertarik.

Saya kritik si Harun dalam memberikan laporan ilmiah yg sama sekali ga
ilmiah. Kalau anda mau membantu si Harun dalam menyesatkan Islam
dengan ilmu "asal comot asal sesuai AQ" yo silahkan...

Catatan: Si Hawking itu pendukung teori big bang, yg itung2annya masih
sodara dengan black hole, coba tanya si Harun apa dia setuju juga
dengan big bang? Kontradiksi kan?

===================

> stephen hawking bilang kalo yang diketahui dari blackhole adalah
luas permukaannya. karena itu pusat massanya bisa diketahui. luas
permukaan adalah hasil diferensial dari volume. kayaknya pernah baca
di topologi sih, meskipun ga ngerti2 banget. logikanya, titik pusatnya
bola dengan radius r berada di koordinat yang persis sama dengan titik
pusatnya lingkaran dengan radius r, ketika bola tersebut
di-diferensialkan jadi lingkaran. ketika bola diintegralkan jadi torus
pun, lokasi koordinat pusat massanya pun tetap sama. kita di sini dah
ngomongin geometri 4 dimensi.

Nice

Hehehehe katanya udah ngomongin 4 dimensi, kok masih ada istilah
koordinat, titik pusat, dll.

-------------------

> anyway... ini logika matematikanya: formula 4 dimensi ga bisa
dibandingkan dengan formula 3 dimensi, karena itu salah satu harus
diubah jadi supaya kedua formula ada dalam dimensi yang sama. tapi...
nilai konstanta tetap sama.

Nice

Lho inikan yang saya ributin dari awal? yg pake rumusan 3 dimensi kan
situ...

============

> berhubung ngomonginnya sama2 benda angkasa dalam dimensi massa yang
sebanding, planet dengan planet, bintang dengan bintang, galaksi
dengan blackhole... makanya konstanta planck tetap berlaku, termasuk
turunan2nya. ini yang menjelaskan kenapa atom dan planet bisa sama2
mengorbit, terlepas dari perbedaan massa antara atom dan planet.

Nice

Gini aja deh biar gampang. Di luar event horizon, hukum gravitasi
berlaku normal (Newton), sementara di dalemnya sudah berlaku
relativitasnya einstein. Tapi hrs diingat event horizon itu sendiri
belum black hole.

JAdi Black hole itu kerjaannya bukan tukang isep seperti kata si Harun
sebelum sebuah benda masuk ke event horizon. Jadi kalo lu mo jalan2 di
sekeliling event horison, gaya yg bekerja pada pesawat lu, masih dalam
hitungan gravitasi si NEwton. Kalo lu mau escape, ya masih bisa
dilakukan dengan mudah. Tapi begitu lu masuk event horizon, ya lu
bayangin aja, cahaya aja ga bisa escape, berarti berapa minimal
kecepatan yg lu harus miliki? Makany elu pasti keisep...

> lagipula... atom dan galaksi pun tetap terikat hukum gravitasi. kalo
nggak, galaksi nggak akan memiliki matriks yang sama dengan atom. as
simple as that.

Nice

Iya bener, tapi gravitasi itu luas, ada yg klasik Newton dan modern
Einstein dan dua2 nya masih kepake...

> lurino
> /tukangmikir

Kirim email ke