Jika anda sendiri tidak tau caranya masuk surga, bagaimana anda bisa
yakin dengan agama anda?

--- In zamanku@yahoogroups.com, Mentari Pagi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak, yang berhak tahu siapa yang bakal masuk syurga atau neraka ya
hanya Tuhan yang kita yakini telah menciptakan kedua tempat itu.
Seperti dalam juri lomba, penilaian bagi pemenang kan nggak cuma satu
kriteria saja, ada banyak kriteria. Mungkin orang-orang yang bapak
maksud itu adalah orang pintar yang memanfaatkan ilmu mereka untuk
kepentingan orang banyak. Tapi apa kita tahu, sisi lain kehidupan
mereka? apa selama hidupnya mereka baik pada tetangga, apa selama
hidupnya mereka tidak melakukan perbuatan dosa lain? misalnya
menganiaya istri, menganiaya binatang dan sebagainya.

> Jadi, wallohua'lam. Pelacur yang menggunakan hasil melacurnya untuk
memberi makan orang-orang yang kelaparan bisa jadi masuk nominasi
untuk ke surga.

[EMAIL PROTECTED],
> [...]
> Date: Sunday, August 24, 2008, 3:25 AM

> Salam...
>

> Menyambung apa yang sudah kita bicarakan  sebelumnya apakah
orang-orang yang telah berkorban demi kemanusiaan, mempersembahkan
ilmu pengetahuan demi kemanusian, menolong orang sakit dengan meneliti
segala macam obat-obatan demi keselamatan manusia, mereka itu semuanya
akan masuk neraka karena mereka adalah non muslim?

> Apakah pribadi-pribadi semacam Louis Pasteur, Socrates, Aristoteles,
Plato, Isac Newton, Thomas Alfa Edison, Bunda Teresa, Khalil Gibran,
Francis Bacon, Rene Descartes semuanya masuk neraka karena mereka
adalah non muslim?

> Kita sudah melihat dibahasan sebelumnya bahwa terdapat dua pendapat
kelompok ekstrim menanggapi permasalahan ini, kelompok pertama adalah
dari orang-orang sholeh yang kaku, mereka mengutip Alquran surat 3
ayat 85 :

> " Dan Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali
tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat
termasuk orang-orang yang rugi"

> Dengan dalil ayat tersebut, maka orang-orang sholeh yang kaku itu
mengatakan bahwa yang berhak masuk surga hanyalah orang-orang Islam,
selain Islam sesuai dengan ayat al-quran tersebut maka semuanya akan
masuk neraka tanpa pandang bulu, apakah dia itu adalah Louis Pasteur,
Socrates, Aristoteles, Plato, Isac Newton, Thomas Alfa Edison, Bunda
Teresa, Khalil Gibran, Francis Bacon, Rene Descartes dan lain-lain.

> Pendapat kedua muncul dari mereka-mereka yang menyebut dirinya kaum
intelektual, yakni dari para pemikir kebebasan dan kemanusiaan. Mereka
mengutip apa yang dikatakan Al-quran pada surat 5 ayat 69 :

> "Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan
orang-orang Nasrani, siapa saja (diantara mereka) yang benar-benar
saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula)
mereka bersedih hati."

> Melihat dua pendapat dengan masing-masing dalil yang mereka
kemukakan tersebut, maka bagaimanakah kiranya nasib orang-orang yang
telah berbuat banyak untuk tujuan kemanusiaan tersebut?

> Menurut hemat saya, kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu dan
kita tidak punya hak sama sekali untuk mengatakan secara pasti, apakah
si X atau si Y akan masuk surga atau neraka, apakah Louis Pasteur,
Socrates, Aristoteles, Plato, Isac Newton, Thomas Alfa Edison, Bunda
Teresa, Khalil Gibran, Francis Bacon, Rene Descartes akan masuk surga
atau neraka.

> Yang kita bisa tahu adalah apa yang kita lihat dari perbuatan
mereka, menurut yang kita lihat dan kita saksikan bahwa mereka sudah
berbuat baik dan berbuat banyak untuk kemanusian, mereka telah beramal
dan menyumbangkan pemikiran untuk kemajuan umat manusia. Tetapi
mengenai kepastian mutlak apakah mereka akan masuk surga atau masuk
neraka, maka yang tahu kepastian tersebut hanyalah Allah semata.

> Hanya Allah yang mengetahui niat semua manusia, hanya Allah lah yang
tahu semua rahasia dan yang lebih rahasia dari rahasia. Hanya Allah
yang tahu apa niat dan motivasi seseorang ketika melakukan perbuat
baik dan semua amal-amal yang mereka lakukan.

> Dimasa sekarang kita sering sok menghakimi seseorang, bahwa si X
akan masuk surga dan si Y akan masuk neraka. Apakah kita memang punya
hak dan mampu untuk melihat isi hati seseorang? Apakah kita bisa dan
mampu untuk mengetahui niat seseorang?

> Bahkan Nabi Muhammad sendiri tidak berani sembarangan untuk
mengatakan bahwa si X akan masuk surga dan si Y akan masuk neraka.
Nabi sendiri tidak berani menjamin dirinya sendiri akan masuk surga
sebagaimana yang di tulis di al-quran surat 46 ayat 9 :

> "Katakanlah: "Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul
dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak
(pula) terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang
diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi
peringatan yang menjelaskan. "

> Dengan demikian, maka semakin teranglah bagi kita bahwa semua
perbuatan baik akan dicatat dan dibalas oleh Allah, dan semua
perbuatan baik itu tidak serta merta menempatkan seseorang kedalam
surga atau neraka. Semua perbuatan baik itu akan disensor secara
khusus oleh Allah dari niat mereka. Dan hasil `sensor' dari niat
manusia tersebut hanya Allah yang tahu hasilnya, apakah yang
bersangkutan akan dimasukkan kesurga atau ke neraka.

> Salam,
>

> Iman K.
>
> www.parapemikir. com
>

> Get your new Email address!
>
> Grab the Email name you&#39;ve always wanted before someone else does!
>
> http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ sg/

Kirim email ke