W :
Kadang2 saya lucu membaca2 tanggapan saudara2 ku yang muslim..

Bening :
Kadang-kadang saya prihatin menjelaskan dengan baik kepada saudara non muslim.
Karena paradigmanya masih menyamakan antara kitab suci agama lain dengan AQ.

====================================
W :
Kalo satu ayat saja saya sampaikan dikatakan bahwa saya ambil sepotong2 tidak
tahu asbabul nuzul dst
namun ketika saat saya sebutkan satu set ayat 15:26-40 untuk melihat konteksnya
secara utuh...
bening katakan bahwa [itukan pemahaman anda. Dalam pemahaman kami, baik Adam
dan manusia diciptakan berasal dari 6 unsur yang telah saya sebutkan. Hanya
saja, proses kejadian Adam tidak melalui proses embrio, janin. tetapi
unsur-unsurnya adalah sama dengan unsur penciptaan kita.]

Bening :
dalam setiap terjemahan AQ selalu disertai bahasa asli atau teks asli, hal ini
bisa untuk mengkoreksi jangan sampai PEMAHAMAN PENTERJEMAH berbeda dengan teks
asli. Misalnya kata "pasangan" diterjemahkan menjadi ISTRI, sehingga ayat al
qur'an yang mengatakan kelak di Sorga manusia akan mendapatkan PASANGAN<
diterjemahkan KELAK di sorga Manusia akan Mendapatkan ISTRI. makanya timbul
pertanyaan, WANITA gak dapat jatah di SORGA.

Demikian juga kata ADAM yang ada dalam Kurung, itu adalah Pendapat Penterjemah
yang belum tentu benar.
============================
W :
Di AQ tiga set ayat dalam 3 set surat menceritakan tentang penciptaan
adam....maka itu kata dalam kurung (adam) yang disebutkan adalah sangat masuk
akal..

Bening :
AQ tidak menyebutka adam, tetapi manusia.
===========================
W :
Lucunya lagi saat saya katakan bahwa Ardh bukan arti tanah toh (untuk meletakan
sesuatu) namun berarti bumi..seharusnya ia sadar bahwa pemahaman bahasa arab
dirinya masih sederhana... dan ia malah katakan [Aha.....anda mulai mengerti,
bahwa Al Qur'an kalau mau menjelaskan TANAH secara fisik yang kita injak atau
BUMI yang kita injak ini menggunakan kata ARDH. Tetapi ketika berbicara "unsur"
penciptaan manusia yaitu Salsolin, Hamain, Turob, Ladzib, Fachor, tidak pernah
menggunakan kata ARDH. artinya apa ??? artinya Penterjemah Kuno mengatakan
bahwa ADAM diciptakan dari TANAH adalah SALAH. Yang benar ADAM dan seluruh
manusia diciptakan oleh Unsur-unsur Ladzib, Hamain, Fachor, Turob dll].

Bening :
Ketika Allah menceritakan penciptaan Langit dan Bumi, Allah menggunakan kata
SAMAWAT untuk langit dan ARDH untuk bumi. Juga ketika Allah memrintahkan agar
kita berjalan/mengembara, kata yang digunakan adalah SIRRU fil ARDHI, artinya
adalah berjalankah dibumi. Tetapi Allah tidak pernah menggunakan kata Salsa,
hamain, thurob, fachor untuk menceritakan masalah TANAH/BUMI. Demikian juga
dalam proses penciptaan Manusia, Allah tidak menggunakan kata ARDH, jadi
TERJEMAHAN ORANG KUNO, bahwa Salsa, Facchar, HAMAIN, Turob adalah tanah jelas
ini suatu kesalahan.
=================================

W :
Lucu juga,  padahal jelas-jelas yang dibicarakan di AQ 15:26 adalah Salsa bukan
Salsolin, Hamain, Turob, Ladzib, Fachor dan juga bukan Ardh, juga bukan tanah
berisi sampah, atau serabut atau apapun, yang dimaksuda adalah salsa titik

Bening :
Kenapa anda bersikeras bahwa Bahan DASAR manusia hanyalah SALSA TITIK ???,
bukankah saya sudah memberikan ayat lain yang menceritakan Proses pembuatan
manusia sebagai berikut :

 1. Pertama: Di surat Ar Rahman ayat 14: "Dia (Allah) menjadikan manusia dari
tanah kering yang dibakar seperti tembikar, (tanah yang dibakar)".
 Yang diterjemahkan kedalam arti tanah kering adalah kata "Shal-shal" dan yang
diterjemahkan TEMBIKAR adalah FACHAR.

2.  Di surat Al Hijr, ayat 28: " dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada
malaikat: Sesungguhnya Aku (Allah) hendak menciptakan seorang manusia (Adam)
dari tanah kering dan lumpur hitam yang berbentuk (berupa)".

 Di ayat ini disebutkan bahwa pembentuk manusia adalah SHAL-Shal dan HAMAIM
aatau diterjemahkan menjadi LUMPUR HITAM

3.Di surat As Sajadah ayat 7: "Dan (Allah) membuat manusia berasal daripada
"tanah". adapaun kata yang diterjemahkan kedalam kata Tanah adlah THIEN.

4. Di Surat Ash Shaffaat ayat 11: "Sesungguhnya Aku (Allah)
 menjadikan manusia daripada Tanah Liat". Yang diterjemahkan kedalam TANAH LIAT
ini dalam bahasa Al Qur'an menggunakan kata LADZIB.

5. Di Surat Ali Imran ayat 59: "Dia (Allah) menjadikan Adam daripada tanah
kemudian Allah berfirman kepadanya "jadilah engkau, lalu berbentuk manusia"...

Yang dimaksud dengan kata tanah dalam ayat ini adalah kata TUROB

Jadi ada 6 ayat proses pembuatan manusia dengan menggunakan bahan dasar yang
berbeda tidak hanya SALSA ( belajar kembali Al Qur'an ).

==============================
W :

Koq berani2nya mengatakanADAM DICIPTAKAN DARI  TANAH SALAH

Ibn kathir:
Ibn `Abbas, Mujahid and Qatadah said that Salsal means dry mud. The apparent
meaning is similar to the Ayah: (He created man (Adam) from sounding clay like
the potter's clay, And He created the Jinns from a smokeless flame of fire.)
(55:14-15) It was also reported from Mujahid that, (dried (sounding) clay)
means "putrid'', but it is more appropriate to interpret an Ayah with another
Ayah. (of altered mud) means the dried clay that comes from mud, which is soil.
"Altered'' here means smooth. And the Jinn, We created earlier) means before
creating humans.

Bayangkan beberapa dari mereka hidup di jaman nabi dan rashidun...

Bening :
Beliau-beliau adalah manusia yang hidup terikat dengan dimensi waktu dan
tempat. Sementara Al Qur'an berasal dari Allah yang tidak terikat dengan
Dimensi, dan diperuntukkan bagi manusia sepanjang jaman. Manusia dalam jaman
itulah diperbolehkan MENAFSIRKAN ayat Al Qur'an sesuai dengan Konteks Jamannya,
tanpa Merubah Redaksi ASLI. Ketika Allah hendak menyampaiakn, bahwa Unsur
Pembentuk Manusia adalah Hidrogen, Natrium, Ferrum, Oksige dan Carbon, tetapi
"redaksi" saat itu belum mampu menangkap "ILMU ALLAH", maka dengan secara
sederhana, diterjemahkan bahwa Manusia terbuat dari tanah. tetapi Manusia yang
diberi kebebasan berfikir dan selalu maju ( tidak JUMUT/STAGNAN), maka kita
harus melakukan PENAFSIRAN ULANG, apakah salsa itu, apakah fachar itu, apakah
hamain itu, apakah ladzib itu ???.

===============================

W :
Bayangkan Ibn Abbas. Mujahid, Qatadah dan Ibn kathir menyatakan 'dry mud mirip
dengan potter's clay...yang juga berarti putrid...yang datangnya dari tanah

Bening :
Dalam Islam, setiap jaman akan muncul 'penafsir-penafsi" Al Qur'an yang baru
yang relevan dengan jaman. Sudah sering saya bilang, dalam SURAT AL ADIYAT
diterjemahkan saat itu sebagai KUDA PERANG. Tetapi paradigma sekarang AL ADIYAT
kalau diterjemahkan KUDA perang menajdi sangat Lucu. Penafsiran saya, bukan
KUDA PERANG tetapi PELURU KENDALI, tetapi abad XXX mungkin akan ditafsirkan
lain lagi.

==============================
W :

Bayangkan juga, Ibn Kathir pun berpendapat itu adalah  (Adam)...dan berpendapat
'....which is soil'

Bening :
Ibnu Katsir adalah manusia Produk jamannya. Kami adalah manusia produk jaman
ini. Kami diberi kebebasan berfikir, meski selalu mengacu pada ulama-ulama
terdahulu. Dalam ISLAM, pembaharuan ( mujtadid ) sangat dianjurkan.

============================
W :
lucunya saat diambil kesimpulan dari tulisan mereka2 sendiri [lihat dibawah],
bukannya kalimat terimakasih telah diberikan pencerahan sehingga tidak tersesat
jalan.....benarlah kata AQ bahwa  "bagi mereka sama saja kamu beri peringatan
atau tidak, tetap saja di tidak mau menggunakan telinganya untuk emndengar,
mata untuk melihat..... ..."
Bening :
Anda merasa memebri pencerahan, tetapi ketika saya tunjukkan 5 ayat lain proses
pembuatan manusia tidak hanya SALSA, anda ngotot pokonya SALSA, nah pencerahan
model apa kalau diskusi diberikan pandangan lain kok ngoto pakai KATA POKOKNYA
SALSA TITIK.

Salam,