BANG BUDI-P, sebagian besar bank2 kafir yg beoperasi di Daulat Al Khaleej yaitu
negara2 Islami di Semenanjung Arabia memberikan pilihan kpd nasabah mereka.
Apakah mrk mau menggunakan jasa perbankan normal, yaitu mendpt bunga dan kalo
pinjam dikenakan bunga - atokah lebih senang kalo mrk mengikuti sistim Syariah.

Expats di sana (termasuk Opa Paul) tentunya menggunakan jasa perbankan yg
normal! Sebagian besar penduduk setempat dan juga orang2 Islam yg bekerja dan
bermukim sementara di sana memilih ber-bank Syariah.

Expats sadar sepenuhnya kalo suatu bank memerlukan biaya untuk menjalankan
kegiatan perbankan -nya, misalnya, sewa gedung, membayar karyawan, membayar
listrik, cleaners, asuransi, ongkos cetak forms dan puluhan pengeluaran
laennya. Untuk itu mereka sadar bhw bank di mana mereka simpan duitnya akan
memungut biaya administrasi. Biaya ini diperolehnya dari memutar deposits para
nasabahnya, meminjamkan funds yg ada dg mengenakan biaya (i.e. bunga).

Krn ketatnya persaingan antara puluhan bank kelas internasional, maka setiap
bank akan berupaya untuk menagih interest se-kecil mungkin (bukan riba!) spy
tidak kehilangan nasabah.

ANEHNYA, bank2 Syariah meskipun secara formal tidak memberikan bunga dan tidak
menarik bunga dari peminjam dana, mereka mengenakan 'bagi keuntungan'. [Jadi
mereka sebenarnya juga memungut sesuatu untuk membayar overhead, hanya tidak
disebut sbg 'interest/bunga'.] Mnrt observasi aku jumlah 'bagi keuntungan' itu
umumnya berjumlah lebih besar dari suku bunga/intrest yg dipungut/diberikan
oleh bank2 kafir/komersial.

EGP, kalo nasabah2 Muslim  demen ditipu tapi merasa Islami dan taat pd perintah
Aulloh. Akhir November aku mau jalan2 ke Jakarta dan akan cari Credit Card dari
Bank Mualamah yg katanya tidak menarik biaya apapun, nanti aku kabari apa ini
bener ato tidak!

Ingat dlm bahasa Inggris ada pemeo: 'There's no such thing as a free lunch in
this world!'

Gabriela Rantau

________________________________
From: Budi P <[EMAIL PROTECTED]>
To: Gabriella Rantau <[EMAIL PROTECTED]>; Ahmadi Agung <[EMAIL PROTECTED]>; Boy
Riantino <[EMAIL PROTECTED]>; ChanCT <[EMAIL PROTECTED]>; Because everyone is
entitled to my opinion <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL
PROTECTED]; "@prudential.co.id" <[EMAIL PROTECTED]>; **HeRmAnTo** <[EMAIL
PROTECTED]>; ~* VieNha *~ <[EMAIL PROTECTED]>; abadi teuku <[EMAIL PROTECTED]>;
[EMAIL PROTECTED]; agung setiawan <[EMAIL PROTECTED]>; Agus Hamonangan <[EMAIL
PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; Akhmad Bukhari Saleh <[EMAIL PROTECTED]>; alex
alex <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; Andreas Harsono <[EMAIL
PROTECTED]>; andreas novendi <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED];
anjingloall anjingloall <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL
PROTECTED]; ardian_c <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
 [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; bebengetoh <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL
PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL
PROTECTED]; cahaya desyanta <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; cenggiap yo
<[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; Christofel
Simanjuntak <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; Ciao Lie <[EMAIL
PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; CY
<[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; debukaki <[EMAIL PROTECTED]>; dede
wijaya <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; eddyhbh
<[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; edogawa2000 <[EMAIL PROTECTED]>; Eko
Boenandar <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; Erik
<[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; extrim_bluesky
 <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]; g ice <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; Golden Horde
<[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; H. M. <[EMAIL
PROTECTED]>; hadjar_wish <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; Han Hwie Song
<[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; hartono_tjahjadi <[EMAIL PROTECTED]>;
Hendri Irawan <[EMAIL PROTECTED]>; Hudzaifah Ibnul <[EMAIL PROTECTED]>; Hugh
Caddess <[EMAIL PROTECTED]>; husinganis <[EMAIL PROTECTED]>; Hutagalung Erwin
<[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; idakhouw <[EMAIL PROTECTED]>; Ijam
Jenal <[EMAIL PROTECTED]>; indah <[EMAIL PROTECTED]>; indarto tan <[EMAIL
PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; irene karyadi <[EMAIL
PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; islam sucks
 <[EMAIL PROTECTED]>; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
zamanku@yahoogroups.com; Bintang <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, October 22, 2008 9:22:59 AM
Subject: Re: Perancis Siap Adopsi ....

gabie, jika suatu bank memutarkan dananya di tempat yg haram. tentu
saja bank itu bukan bank syariah.
dari hal ini saja sudah ketahuan rendahnya pengetahuan loe tentang
perbankan syariah. btw, menurut roma 3:7 memang gak apa-apa sih.

Kirim email ke