> Lanang Anom <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> lalu kenapa hasan tiro harus merasa
> terzalimi dengan kenyataan ini, menurut
> saya itulah politik, zaman dulupun seorang
> raja adalah seseorang yang bisa mempengaruhi
> lawan lawannya baik dengan cara kekerasan
> maupun diplomasi, jadi menurut saya sah
> sah saja, dan tidak ada yang bed guys dan
> good guys.
> jangan memperkeruh suasanalah intinya.
________________________________

Betul juga pandangan anda tapi lebih cocok apabila anda memandang
Belanda itu bukanlah penjajah karena diplomasi VOC itu ternyata mampu
mengajak raja2 di Jawa untuk bekerja sama dengan Belanda katimbang
dengan Inggris, Portugis, dan Spanyol.
Artinya tidak ada penjajah dan tidak ada yang dijajah, tidak adalah
itu yang namanya bad guys dan good guys.
Intinya, janganlah menimbulkan prejudice kebencian terhadap penjajahan.

Kondisi Sukarno dan Aceh jauh lebih buruk dari kondisi raja2 Jawa
dengan Belanda.

Kalo kenyataannya Hasan Tiro sendiri merasa Sukarno lebih biadab dari
Belanda janganlah kita salahkan karena dialah yang mengalaminya dan
yang bisa membandingkannya.

Jadi janganlah excuse bahwa kesalahan bukan kesalahan, kejahatan bukan
kejahatan.

Ny. Muslim binti Muskitawati.

Kirim email ke