http://www.suarapembaruan.com/News/2008/10/27/index.html

SUARA PEMBARUAN DAILY

Horeee, Jakarta Akan Banjir Lagi

Beberapa waktu lalu saya baca koran. Disebutkan Pemerintah Provinsi (Pemprov)
DKI Jakarta akan mengeruk 13 sungai di Ibukota. Tetapi sampai saat ini,
tampaknya belum ada pengerukan itu. Saya enggak tahu apakah janji semata atau
memang benar-benar dikerjakan. Sayang kalau belum dilakukan, padahal musim
hujan sudah mulai dan sebentar lagi bahaya banjir pasti akan mengenang wilayah
Jakarta.

Ami, Karyawati

Horeee hujan mulai datang, panas mulai hilang, dan banjir akan datang. Asyik
lho kalau banjir datang, rumah-rumah kita pada terendam semuanya. Pemerintah,
partai politik, dan relawan dengan janji-janji muluk berdatangan. Saat
bersamaan, Pemprov DKI Jakarta memulai proyek evakuasi banjir. Banyak orang
berebut proyek tersebut. Hal ini terus berulang dan tidak ada selesai sampai
kapan pun. Horee banjir datang, korupsi lagi, korupsi lagi. Pemerintah ini
kayaknya enggak ada rasa malunya ada rakyat yang sudah capek-capek membayar
pajak.

081383320xxx

Sebetulnya, kita jangan terlalu berharap karena Pemprov DKI lambat untuk
mengantisipasi banjir dengan mengeruk sejumlah sungai saja. Akan tetapi, lebih
baik kalau dari pribadi kita sendiri secara sadar menyelamatkan apa-apa yang
biasa terkena banjir kita bikin proyek/kegiatan bersama warga sekitar di DKI
Jakarta yang tercinta ini dengan mengeruk selokan di depan rumah, membongkar
secara sukarela selokan yang telah kita tutup dengan beton sehingga saluran air
lancar, dan bantu Pemprov DKI untuk diberikan ide-ide cemerlang yang bisa lebih
cepat dan efisien penyelesaiannya secara menyeluruh dan konsisten. Kalau itu
dilakukan dijamin musim hujan tahun ini akan segera terhindar buat kita, Amin.

"indra fauzi" [EMAIL PROTECTED]

Sungai Ciliwung yang melintasi Kota Jakarta semakin hari semakin dangkal.
Sebagai warga Jakarta, saya percaya bahwa para petinggi dan penguasa yang
berada di Ibukota tidak tutup mata kalau melewati salah satu anak sungai yang
ada di Jakarta tercinta ini. Misalnya Jl Juanda, Jl Gajah Mada, Jl Gunung
Sahari atau Jl Sultan Agung/Pasar Rumput, Jl Surabaya dan lain-lainnya. Ada
banyak warga Jakarta yang membutuhkan pekerjaan, pekerjaan pengerukan sungai di
Jakarta saya yakin akan diambil oleh warga yang membutuhkannya.

Misalnya, kelurahan yang dilewati sungai mendapat tugas untuk membersihkannya
dengan melibatkan warga setempat. Adakan penutupan aliran sungai untuk
sementara atau yang terjadual, supaya tidak bertabrakan jadwal pengerukannya.
Dan yang terpenting pengerukan itu dilakukan pada saat musim kemarau, karena
saya yakin semua sungai yang melintasi Ibukota tercinta ini bisa dikeruk
minimal kurang lebih 150 sentimeter sampai dengan 200 sentimeter.

Dasarnya, kedalaman ini pada tahun 60-an jarak permukaan air dengan jembatan
Pasar Baru di depan Kantor Pos Jakarta Pusat kira-kira 7 meter. Kalau
pengerukan sungai-sungai ini dilakukan sampai dengan kedalaman 2 meter, saya
percaya akan sangat membantu pada waktu musim hujan (banjir). Banjir kanal di
bilangan daerah Jl Rasuna Said pun sudah terlihat pendangkalannya. Coba deh
dikeruk dulu anak sungai-anaksungai di Jakarta, jangan terfokus pada banjir
kanal yang jauh dari Kota Jakarta dan enggak selesai-selesai entah dari kapan!

"Dipa Lengkoan" [EMAIL PROTECTED]

Bang Foke, mulailah mengeruk sungai-sungai di Jakarta, karena sudah mulai turun
hujan. Mendingan keruk dari sekarang, dari pada Jakarta tenggelam lagi.

08561558xxx

Pemda DKI, banyak sungai di DKI yang sudah dangkal. Tolong dikeruk agar Ibukota
kita ini bisa bebas dari banjir.

Beberapa hari lalu, hujan cuma sebentar banyak jalanan yang sudah tergenang
air. Bapak-bapak jangan tunggu banjir dulu baru diatasi. Belajar dari
pengalaman.

085694952xxx

Saya yakin jika proyek BKT tidak selesai-selesai, maka Jakarta akan banjir
lagi, dan himbauan saya kepada Pemda DKI kalau keruk kali-kali di Jakarta,
bangunan-bangunan liar yang yang berada di badan kali dibongkar sekalian, biar
aliran airnya bisa lancar. Minimal mengurangi ketinggian air di Jakarta waktu
banjir.

91828xxx

Pengerukan Sungai di Jakarta
Untuk edisi Senin (3/11), kami meminta komentar dan pandangan Anda tentang
lambannya Pemprov DKI mengantisipasi banjir di Jakarta dengan mengeruk sejumlah
sungai. Kirimkan komentar dan saran Anda melalui:

Faks: (021) 8006131 atau 8007262

SMS 0811130165

Last modified: 27/10/08

<<anitifbw.gif>>