Bung Edo,

Pada dasarnya penyesuaian itu bukan berdasarkan waktu di negara mana mereka
tinggal an sich, melainkan berdasarkan terbit dan tenggelamnya matahari di
mana pun pelaksana puasa Ramadhan tinggal. Yang karena adanya perbedaan
letak geografis maka terjadilah perbedaan waktu puasa. Khusus untuk tempat
tempat di luar garis balik utara maupun selatan (daerah sub tropis dan
dingin)bisa terjadi perbedaan waktu puasa dan jangka waktu puasa seperti
yang sudah saya sampaikan dalam email sebelum ini.

Oleh karena itulah terjadi perbedaan waktu imsak (saat mulai puasa) dan
maghrib (saat berbuka puasa) di tempat tempat, bukan hanya di Indonesia
melainkan di seluruh dunia yang berbeda zona waktunya, karena matahari
bergeser dari timur ke barat. Yang berada lebih ke timur akan lebih cepat
imsak dan maghrib daripada yang lebih ke barat.

Lagipula waktu waktu di tempat tempat antar garis bujur itu banyak yang
hanya berdasarkan kesepakatan. Misalnya, apabila satu pulau terbelah oleh
satu garis bujur, maka seharusnya pulau itu memiliki 2 zona waktu. Belahan
timur waktunya akan lebih awal dari yang barat. Tetapi berdasarkan
kesepakatan maka dijadikan 1 zona waktu saja dengan membelokkan garis bujur
itu ke sebelah barat pulau sehingga zona waktu seluruh pulau akan lebih awal
mengikuti waktu timur pulau, dan sebaliknya bila dibelokkan ke timur pulau.

Melihat bulan bukan untuk menentukan waktu puasa sehari-hari, melainkan
untuk menentukan tanggal mulai dan berachirnya bulan puasa karena Islam
menggunakan lunaric calendar (kalender bulan). Memang dalam hal ini mungkin
terjadi perbedaan antara Pemerintah dan organisasi keislaman lain, namun
tidaklah menjadikan masalah besar karena adanya saling toleransi. Ada
anjuran untuk lebih mengikuti penentuan Pemerintah karena selain merupakan
gabungan para ahli hizab dan ru'yat, juga menggunakan peralatan yang lebih
memadai.

Sebenarnya konsep keadilan ini tidaklah aneh atau salah asal kita mau
sedikit berfikir. Banyak hal yang pada mulanya kita anggap aneh tetapi
setelah kita tahu, hal itu biasa saja bahkan benar.

Bung Edo,
my pleasure, tidak ada yang ingin menggugat kepercayaan yang lain.

Salam,
Supriyadi