BANG AD, apa anda tidak salah mengerti apa yg terjadi akhir2 ini dan in
fact yg terjadi selama lebih dari 60 taon?

Gaza itu TIDAK dijajah Israel. Gaza strip sbg bagian dari Palestina itu
sejak beberapa taon terakhir khusussnya sejak Hamas berkuasa tidak
menghendaki perdamaian dg Israel. Hamas sesumbar akan menghancurkan
negara Israel dan menghapusnya dari muka bumi. Kalo cuman berkoar2 sih
OK.OK saja. Tapi setiap hari Hamas selalu meluncurkan rockets nya ke
kawasan penduduk Israel.

Singkatnya Israel membalas dan ingin memusnahkan Hamas. Karena mereka
punya jet fighters, drones dan guided missiles - maka mereka
mempergunakan semua peralatan ini. Sayang sekali Gaza yg sempit dan
penuh manusia ini menjadi sasaran serangan Israel. Hamas menyerang dari
perkampungan orang sipil, krn-nya ketika dibalas tentu aja banyak orang
sipil yg tidak bersalah turut menjadi korban. Tapi apa yg bisa dilakukan
oleh tentera Israel kalo Hamas fighters beroperasi dari tengah2
masyarakat sipil?

USA selama puluhan taon membiayai 'negara' Palestina. USA berhenti
membiayainya beberapa taon lalu ketika Palestina menghentikan
perundingan perdamaian dg Israel (Road to peace). Sejak itu Palestina
dibiayai oleh UniEropa. Palestina itu negara kere, tidak mempunyai
industri nyaris tidak bisa menghasilkan cukup makanan untuk rakyatnya.
50% dari tenaga kerja Palestina itu hidup krn bekerja di pabrik2, di
ladang2 Israel. Mereka marah sekali ketika Israel mendirikan tembok
pemisah (spy suicide bombers tidak masuk Israel) yg berakibat pekerja2
Palestina tidak bisa kerja di negara Israel yg jauh lebih makmur dan
juga menmersukar flow of goods and fuels ke Palestina!

Bang ada baiknya kalo anda menulis sesuatu itu berdasarkan fakta dan
jangan mengikut emosi. Aku bukan pendukung Israel - tapi pikirkan
sejenak apakah Israel akan diam saja kalo selalu dimusuhi dan diancam
akan dimusnahkan! No way, Jose! Mungkin anda tidak tau bhw ketika negara
Israel masih baru berdiri, dimusuhi, diserang dan dikepung oleh 7 negara
Arab. Untungnya bagi Israel dlm 6 hari tentara Israel khususnya Angkatan
Udaranya berhasil mengalahkan ke-7 musuh itu.

Gabriela Rantau
--- In zamanku@yahoogroups.com, Diskusian Aneka <diskus...@...> wrote:

> Hamas berjuang untuk membebaskan negeri mereka dari penjajahan Isreal.
Kalau Israel berdalih ingin membalas Hamas. Kenapa rakyat sipil yang
menjadi target ? Kebanyakan korban adalah wanita dan anak2 sipil. Yang
hancur adalah rumah sakit, mesjid, universitas, jalan raya dan
pemukiman

> Israel frustasi setelah kepungan mereka atas Gaza tidak berhasil. Dan
mereka ingin memanfaatkan momen terakhir kepemimpinan Bush dengan
menyerang penduduk sipil Gaza yang tidak berdosa .

> Hari ini dunia menyaksikan tragedi. Bom2 yang di sebar pesawat tempur
adalah buatan Amerika. Artinya Amerika mendukung dan berada dibelakang
agresi militer dan terorisme pada penduduk sipil. Amerika pendukukung
terorisme Israel. Dan Hindu yang membuat tulisan ini juga mendukung
terorisme di Gaza. Amerika, Israel dan Hindu menari2 atas teror yang
baru saja mereka lakukan. Dunia menyaksikan dan sejarah akan mencatat
nya.

> AD

Kirim email ke