Friends, berikut tanya-jawab antara saya dengan dua orang rekan berbeda, semoga
bermanfaat.

+

TANYA JAWAB 1: SAYA JUGA SUKA DAON MUDA

T = Om Leo apa kabar? Sudah lama saya ga konsultasi neh sama Om Leo neh. ^^

J = Really?

T = Om, pertama saya pingin curhat dulu neh Om.

J = Boleh aja.

T = Tadi malam saya meditasi Om, terus saya mendapat beberapa fenomena, pertama
saya dapat menggambarkan, seolah-olah saya dapat melihat keadaan sekitar saya
walaupun mata saya saat itu dalam keadaan tertutup. Pertanyaannya apa ini
normal Om? Atau semacam halusinasi aja? Penjelasannya bagaimana fenomena
tersebut?

J = Itu normal saja karena ketika kita menutup mata dan konsentrasi di Kelenjar
Pineal yg terletak di tengah batok kepala, maka kita memang bisa melihat
keadaan di sekitar kita. Kelenjar Pineal itu bisa melihat ke segala arah,
walaupun letaknya di dalam batok kepala dan tidak menerima pantulan sinar.

Kalau kita diam saja dan ada orang yg melihat kita dari arah belakang, tanpa
ada yg panggil kita akan merasa harus menengok ke belakang. Kenapa begitu?
Karena Kelenjar Pineal yg ada di kita bisa melihat apa yg ada di belakang
kepala kita, walaupun tidak terlihat oleh mata fisik kita.

Kelenjar Pineal itu mungkin cikal bakal dari mata fisik kita. Kalau mata kita
menjadi tunggal, maka semua fungsi penglihatan akan mengumpul di Kelenjar
Pineal lagi. Kalau kita berimajinasi dan bahkan mengalami halusinasi, di
manakah itu semua terjadi kalau bukan di Kelenjar Pineal juga sebagai pusat
kesadaran kita yg melihat segalanya itu, baik nyata secara fisik, imajinatif,
maupun halusinatif?

Pusat kesadaran kita adanya di Kelenjar Pineal dan bukan di "hati" seperti
sering disalah-kaprahkan oleh banyak orang.

Well, mungkin ada juga orang yg memiliki kesadaran di hati, yaitu orang-orang
yg dalam tingkat evolusi masih bertahan di Cakra Jantung sebagai simbol dari
hubungan antara manusia atau emosi-emosi. Mereka yg emosional memiliki
kesadaran yg berpusat di hati. Ada pula orang yg memiliki kesadaran di "pusar",
yaitu mereka yg terutama menggunakan kekuatan fisik untuk hidupnya. Harus
bertahan dengan kekuatan fisik saja dan tidak menggunakan pikiran dan
perasaannya.

Ada pula orang yg memiliki kesadaran di "kelamin", yaitu mereka yg tindakannya
ditentukan oleh naluri seks semata. Contohnya adalah Syech Puji yg suka sama
daon muda. Saya juga suka daon muda, but not that young, at least musti 18
taon. Lalu, mereka yg menggunakan pikiran sebagai kesadaran biasanya juga cuma
bertahan di Cakra Tenggorokan, simbol dari komunikasi berbagai konsep.

Agama-agama itu kebanyakan cuma bertahan di hati atau Cakra Jantung saja. Atau
paling jauh cuma di Cakra Tenggorokan saja, kalau mereka bisa menggunakan akal
pikiran juga. Itulah sebabnya berbagai agama itu saling takut satu sama lain,
atau bahkan saling takut dengan aliran pemikiran yg berbeda dalam agama itu
juga. Kenapa takut? Karena mereka cuma bertahan di hati saja. Hati itu bagian
emosi-emosi belaka, dan harus dipertahankan habis-habisan.

Makanya ada istilah "membela agama". Kenapa harus dibela? Karena agama itu
tempatnya di hati atau Cakra Jantung, dan bisa ada di sana karena ada
pemikiran-pemikiran dan pengalaman-pengalaman yg di-beku-kan as well as
di-baku-kan. Semuanya membeku di hati. Tapi itu urusan orang lah. Saya sendiri
tidak perduli orang mau membekukan Allah di hati atau di mana pun. It's none of
my business.

Tapi kita tentu saja tahu bahwa kesadaran manusia yg tertinggi adanya di
Kelenjar Pineal yg letaknya di tengah batok kepala. Kita bisa meditasi di sana,
merasakan di sana, dan sedikit demi sedikit mengerti bahwa yg namanya Allah
cuma istilah saja untuk merujuk bagian dari kesadaran kita sendiri. Ternyata
kita merupakan bagian dari kesadaran Allah.

You are part of God consciousness. I am part of God consciousness. Everybody is
part of God consciousness, walaupun belum tentu orangnya menyadari. Kalau masih
bertahan di hati belaka, maka orangnya tidak akan sadar bahwa dirinya itu
bagian dari kesadaran Allah. Makanya orangnya akan berusaha mencari Allah
kemana-mana, biasanya dengan lakon amal ibadah, etc... dengan harapan suatu
saat bisa memperoleh tempat yg layak di sisi Allah SWT. Pedahal saat ini pun
kita semua berada di sisi Allah SWT. Dan tempatnya itu memang layak.

Kita sadar bahwa kita sadar, we are aware that we are aware. Dan itulah
kesadaran Illahi di diri kita, layak bukan?

T = Kedua, sewaktu saya meditasi, tiba-tiba saya melihat ada sebuah lukisan
seukuran A2 lah di hadapan saya. Lukisan itu berbingkai dari kayu terlihat
manis dan bergambarkan seorang pria berpakaian dan memakai sorban berwarna
hitam. Berjanggut lebat dan berkumis yang menyatu dengan janggutnya. Di lukisan
itu dia menatapku seolah hidup. Pertanyaannya siapa laki-laki di dalam foto itu
dan apa maksudnya dari penglihatan itu?

J = Penglihatan berbentuk figur manusia yg muncul begitu saja ketika kita
meditasi seharusnya ditafsirkan sebagai simbol dari kesadaran kita sendiri
atau, paling jauh, sebagai simbol dari kesadaran lebih tinggi yg ada di diri
kita.

Saya sendiri pernah tiba-tiba memperoleh penglihatan Dewa Ganesha yg muncul
begitu saja ketika saya meditasi. Lalu pernah ada penglihatan seorang pria
berjanggut dan berpakaian serba putih yg saya tafsirkan sebagai Syech Abdul
Qadir Jaelani. Lalu pernah juga muncul Dewi Kuan Im. Apakah mereka benar-benar
muncul di depan mata saya? Tentu saja tidak. Mereka cuma simbol saja dari
kesadaran di dalam diri saya sendiri.

So, yg muncul di anda adalah pria berjanggut yg berpakaian dan bersorban warna
hitam. Ini adalah simbol dari kesadaran yg ada di diri anda. Siapa figur itu
tentu saja anda sendiri yg harus menentukan, walaupun saya cenderung untuk
bilang bahwa figur itu berasal dari Jawa.

T = Ketiga, sering ketika saya sedang chatting, SMS-an, dan menelpon seseorang,
saya dapat menebak dengan benar mood lawan bicara saya, maupun sedang apa dia.

Ketika teman saya bertanya, "koq bisa tahu?" saya tidak bisa menjawabnya Om,
wong saya juga tidak tahu. Yang ada gambaran atau perasaan itu seperti
kelebatan aje. Pertanyaannya, fenomena seperti apa ini? Apa ini hanya kebetulan
Om?

J = Kalau yg seperti itu bukan kebetulan melainkan normal-normal saja. Saya
juga begitu kok, malah saya bisa baca jalan pikiran orang dari jauh hanya
dengan melihat tulisannya yg juga cuma satu atau dua potong. There's nothing
strange about it karena kita memang transparan seperti gelas-gelas kaca.
Siapapun yg mau akan bisa membaca kita dari jarak jauh. Dan kita pun bisa
membaca mereka dari jarak jauh tanpa komunikasi secara langsung. Apalagi kalau
komunikasi dengan chatting atau SMS, pasti lebih mudah lagi. So, enjoy aja!

T = Terimakasih ya OM atas jawabannya. Senang berkonsultasi dengan Om Leo ^^

J = Gak boleh panggil om, musti panggil Leo aja.

+

TANYA-JAWAB 2: GADIS BUTA YG BAJUNYA WARNA COKLAT

T = Salam Mas Leo ^_^ Dah lama gak share, nah mau nanya tentang arti simbolik
mimpi Mas Leo…

J = Boleh aja, nggak dilarang.

T = Biasanya setiap pagi saya mengamati mimpi, dan arti simbolik mimpi itu
selalu terealita dalam hidup saya, nah pagi ini ada simbolik yg saya kurang
jelas artinya Mas Leo, ini:

Saya bermimpi seperti seperti berada di suatu tempat yg gak saya kenal,
sepertinya lagi di jalan cuman sedang berhenti, nah di sana saya melihat ada
gadis seperti sehat-sehat saja, tetapi di dalam mimpi saya dia buta, Seperti
lemah fisik dia...

Saya seperti menjadi sangat Iba dan kasihan sama dia, seperti makin sayang sama
dia, eh di mimpi saya nyatakan cinta saya kepada dia, dan dia seperti setuju
saja, dia minta telepon ibu dia dulu, selagi telepon sepertinya tangan dia
merangkul bahu saya, dan saya melihat bajunya warna cokelat.

J = Well, gadis buta yg bajunya warna coklat?

T = Sebelumnya badannya lebih tinggi dibanding saya, cuman setelah beberapa
saat tinggi badannya sama dengan saya... Setelah nelpon eh saya meluk dia dan
kemudian mencium bibirnya...

J = Saya tidak tahu artinya apa cuma, lucunya, kok saya merasa mimpi itu ada
hubungannya dengan saya. Ada seseorang yg hampir selalu pakai baju berwarna
coklat kalau ketemu saya, tetapi dia bukan seorang gadis as well as sudah tidak
gadis lagi (begitu pengakuannya kepada saya dalam pertemuan terakhir yg bikin
saya schock, tapi mao bilang apa lagi?).

Kalau menyatakan cinta kepadanya saya belum pernah, walopun mungkin terasa juga
sama orangnya, saya kan nggak bisa menyembunyikan perasaan, blah blah blah...
Orangnya lebih tinggi sedikit dari saya, tapi belom pernah diukur lagi. Siapa
tahu aja akhirnya jadi sama tinggi (apa hubungannya yah?). Kalo telpon-telponan
dengan ibunya saya tidak tahu, maybe itu di masa depan, ketika the person harus
minta ijin dari ibunya (untuk apa? untuk bercinta?).

T = Kemudian pindah ke skenario mimpi selanjutnya. Saya berada di kamar, di
sana ada beberapa orang sedang di kamar ini, lalu mereka ada bicara-bicara,
lalu ada sosok laki-laki yg pengen punya keturunan, lalu ada seorang wanita yg
bilang jangan punya keturunan karena genetik dia itu membakar...

J = Saya juga merasa bagian dari mimpi ini ada hubungannya dengan saya. Berarti
apa yg saya hadapi juga berhubungan dengan apa yg anda hadapi? Ataukah anda
menyadap apa yg ada di pikiran saya lalu menyodorkan solusi-nya seperti apa?

T = Lalu pindah lagi mimpi saya ke luar angkasa, saya melihat luar angkasa yg
luas, Pertama saya melihat matahari atau bintang dengan sinar merah-orange,
seperti saya melayang melewatinya, kemudian saya melihat lagi ada asteroid
besar melewati dengan batu besar dengan ada afmosfernya yg bewarna ungu putih
terang luarnya.

Kemudian saya melihat gerumbulan awan putih. Lalu ada suara, bahwa alam semesta
ini diatur dengan keseimbangan. Jika kehilangan keseimbangan maka... (kemudian
nampak banyak bintang atau mirip komet yg bersinar sana sini mirip hujan meteor
tapi dikit).

J = Yg anda lihat di sini adalah simbol dari kekuatan maskulin. Matahari dan
bintang itu sifatnya maskulin. Dan kalau tidak seimbang memang akan amburadul,
harus seimbang dengan cara memecah dirinya. Hujan meteor termasuk proses
penyeimbangan diri dari kekuatan maskulin yg disimbolkan oleh matahari dan
bintang.

T = Kemudian saya melihat bulan, dari bulan tsb bisa terbagi-bagi menjadi
bentuk sosok pistol.... atau menurut saya bulan tsb merupakan bagian dari
Komponen Pistol?

J = Bulan adalah simbol dari kekuatan feminin. Kalau sebelumnya anda melihat
simbol dari kekuatan maskulin yg harus menyeimbangkan diri, maka di bagian ini
anda melihat simbol dari kekuatan feminin yg juga menyeimbangkan diri. Bulan
atau simbol dari kekuatan feminin itu ternyata menyeimbangkan diri dengan
menjadi bagian dari komponen pistol. Pedahal pistol itu simbol dari maskulin.

Jadi artinya apa? Artinya bahwa kekuatan feminin harus menyeimbangkan diri
dengan menjadi bagian dari maskulin, dengan menempatkan diri seolah dirinya itu
maskulin.

Ternyata anda diberikan pemahaman bahwa perlu ada penyeimbangan dari dua sumber
kekuatan yg selalu ada di alam semesta, yaitu kekuatan maskulin dan feminin.
Keduanya bisa melakukan penyeimbangan dengan menginkorporasikan bagian dari
sifat "lawan" di dalam dirinya sendiri.

Maskulin yg menjadi feminin akan seimbang. Feminin yg menjadi maskulin juga
akan seimbang. Ini prinsip keseimbangan dinamis dari alam semesta, yin dan
yang. Di dalam yin ada yang, dan di dalam yang ada yin. Keduanya selalu
bergerak, selalu mencapai keseimbangan, di dalam ketidak-seimbangan.

T = Itu saja mimpi aneh di pagi ini mas, mohon dibantu artikan mimpinya.

J = Artinya keseimbangan dinamis. Prinsip itu kan sudah tahu sendiri? Atau,
maybe harus di-aplikasi-kan dalam kehidupan nyata. Bagian pertama dari mimpi
itu tentang aplikasi.

Ada gadis buta yg dicintai, lalu mau diapain dia itu? Saya juga merasa itu ada
hubungannya sama saya, habis kalau bertemu saya selalu berpakaian serba coklat,
cuma sampai sekarang saya belum bilang kalau saya sayang sama dia, or have I?

T = Wah cukup terkejut kok bisa ke arah Mas Leo? Padahal niat menyadap pikiran
gak ada sama sekali... Wah keren aplikasinya mas... bener saya rasa ada
hubungan dengan Yin Yang cuman yg bikin bingung pas di awal mimpi yg ada simbol
wanita dengan pakaian cokelat, wah kok bisa sinkron dengan masalah Mas Leo, ini
sungguh hal yg unik :)

J = I'm not sure whether it is a masalah or not. Awalnya minggu lalu saya mimpi
melihat anak anjing yg warnanya coklat polos. Lucu sih lucu, tapi saya kan jadi
berpikir, kok diberi simbol anak anjing yg berwarna coklat. Anjing is puppy
dalam Bahasa Inggris. Dan ada juga istilah puppy love yg artinya cinta monyet
dalam Bahasa Indonesia.

Saya kan beberapa kali ketemu somebody yg seinget saya pakaiannya selalu
berwarna coklat, dan saya memang merasa gimana gituh sama dia. Terus, the puppy
warna coklat yg muncul di mimpi saya artinya apa? Apakah alam bawah sadar di
diri saya bilang bahwa saya sedang mengalami demam puppy love alias cinta
monyet? Wallahualam.

T = Lalu mas, thanks kasih artikan simboliknya Mas Leo... Mas Leo terima kasih
ilmunya yg ini, banyak hal berguna bisa saya dapatkan dari artikan simbolik
mimpi ini mas... Terima kasih ya mas.

J = Terima kasih juga, I enjoyed that too!

+

Leo
@ Komunitas Spiritual Indonesia