Hadits

Hadits makna literalnya adalah riwayat, pembicaraan, pernyataan. Makna khususnya adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Rosulullah SAW, baik berupa perkataan, perbuatan ataupun ketetapan/taqrir (yaitu ucapan dan perbuatan para sahabat yang berhubungan dengan perkara agama yang disetujui Rosulullah SAW).

Hadits dibedakan menjadi dua jenis, pertama hadits Qudsi (hadits suci, Kudus = Suci) yang merupakan perkataan Tuhan melalui lisan Nabi Muhammad, sebagai pelengkap wahyu yang diturunkan kepadanya. Kedua, hadits syarif (syarif = mulia), yakni perbuatan dan perkataan Nabi Muhammad sendiri.

Hadits menjadi sandaran ajaran Islam, atau ia menjadipenjelasan dari ajaran-ajaran yang disebutkan di dalam Al Quran baik mengenai kehidupan sosial, keagamaan maupun perbuatan sehari-hari (dari memakai sendal sampai mengenakan surban). Hadits merupakan sumber kedua hukum Islam setelah Al Quran.

Islam memandang perbuatan Rosulullah SAW ibarat sebuah ketentuan Tuhan yang tidak terbatas sisi dalamnya sehingga menjadi kewenangan Al Quran untuk menegaskan "Sesungguhnya terdapat tauladan yang terbaik di diri Rosulullas" (QS AL Ahzab (33) :21) .


Salam,
http://ferrydjajaprana.multiply.com


Kirim email ke