Hai! Rekan-rekan di seluruh Indonesia. Saran saya berhati-hatilah dalam
mengambil kredit usaha, kendaraan, dan rumah. Jika tidak anda akan mengalami
kerugian puluhan ribu hingga jutaan rupiah perbulan tergantung besarnya plafon
kredit yang diambil.
Berdasarkan hasil survey dan wawancara saya kebeberapa orang yang mengambil
kredit bank. Bahwa masih banyak bank-bank baik bank swasta atau pemerintah
menggunakan metode perhitungan bunga flat yang mana sangat memberatkan debitur
(peminjam). Pernah saya bicara kepada staf bank, ia mengatakan "itu strategi
kami. Andakan tahu Peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar salah
satunya adalah ketidak tahuan masyarakat". saya hanya senyum saja. Dibawah ini
ada 2 case study:
Case study I: (Kredit Rumah)
Salah satu staf sebuah perusahaan yang saya wawancarai, ia mengambil kredit
rumah senilai 80 juta selama 10 tahun dan ia tidak mengetahui perbedaan metode
Flat dan Efektif. Bank yang memberi kredit menggunakan metode flat untuk
perhitungan bunga pinjaman sebesar 15% pertahun atau 1,25% perbulan. Kemudian
saya dan dia telpon bank lain dan didapat bunga pinjaman 18% pertahun atau 1,5%
perbulan tapi metode Efektif. Sehingga selisif bunga Flat - Efektif = Rp
1.666.666 - 1.288.000 = 378.666 perbulan, bayangkan pinjaman tersebut selama 10
tahun (120 bulan).
Case Study II: (Kredit Motor)
Seorang karyawan (A) membeli motor secara kredit dengan plafon Rp 10.000.000
selama 3 tahun, bunga 4% pebulan perhitungan metode Flat. Tapi karyawan lain
(B) meminjam uang sebesar 12 juta untuk beli motor juga ke Bank yang lain
selama 3 tahun dengan bunga 2% perbulan metode Efektif. Maka selisih pembayaran
perbulan karyawan A - B = 677.777 - 470.400 = 207.377. Karyawan B lebih pintar,
cicilan lebih kecil dan kredit didapat lebih besar.
Case study seperti ini sangat banyak saya jumpai dilapangan. Jika saya
kumpulkan bisa ribuan dan mungkin jutaan.
Untuk mengetahui lebih dalam perbedaan bunga flat dan efektif. Pelajari dari
buku "Menggali Potensi Wirausaha", Penulis: Harmaizar, pada hal 274 - 276 dan
pahami table dibelakang khususnya kolom 5 (A/P), contoh perhitungan dapat
dilihat sebelum tabel.
Jika anda belum memiliki dapat anda pinjam ke perpustakaan perguruan tinggi
(Cek by Internet) atau didapat pada Toko buku Gramedia, G Agung, Karisma,
Utama/Bookcity, uranus dll.
Sebenarnya buku ini sangat banyak manfaat dan kegunaannya serta sangat baik
sebagai buku pegangan anda, baik sebagai karyawan, pengusaha ataupun mahasiswa.
Karena buku ini dibuat berdasarkan kumpulan case study dan metode-metode yang
sering digunakan dilapangan dan disusun secara sistemmatis. Versi inggris buku
ini dengan judul "A to Z Entrepreneur in Practice" telah mendapatkan Bintang 4
di www.amazon.com. (diakui DUNIA), dan No 1 di katogori: Feasibility Study.
Demikianlah
Terimakasih.

Harmaizar Z.
www.harmaizar.com
Informasikan ke saudara, teman-teman dan anggota group anda agar mereka
terbantu juga.

Kirim email ke