Akan halnya pengertian tg MIstsisime Kristen , justru itulah saya sedang
mencarinya. Bahkan, sejatinya, adakah Mistisisme Kristen itu? Apakah
hubungan/komparasinya/persamaannya dg Mistisisme Jawa? Adakah sintesis
Mistisisme Kristen Jawa?

Sekali lagi, ya, mistisisme yang saya maksud adalah soal penghayatan religius.

Terima kasih Mas Edison
aryo

--- In zamanku@yahoogroups.com, "edison_purbas" <edison_pur...@...> wrote:

> Perlu diperjelas lebih dahulu apa yang dimaksud dengan MISTISISME. Karena di
> Katolik Roma ada buku SADHANA, yang berbicara tentang meditasi cara Katolik.
> Apakah yang dimaksud mistisisme sama dengan penghayatan religius? Karena
> penghayatan religius dimiliki oleh semua manusia, bahkan orang2 ateispun tak
> kalah berat penghayatan religiusnya dengan apa yang mereka percayai, yaitu
> mereka sangat percaya bahwa tuhan itu tidak ada. Itupun penghayatan religius
> juga.

Kirim email ke