Tuhan/Allah Juga Merupakan Berhala

Berhala bukanlah patung, jadi salah kalo ada umat Islam atau umat Kristen yang
memahami bahwa berhala itu adalah patung.  Patung Jendral Sudirman itu adalah
patung bukan berhala, jadi berhala tidak selalu berarti patung, dan tidak semua
patung yang dinamakan berhala.

Secara definisi, "Berhala" artinya "Pemujaan".  Ada dua kategori berhala, yaitu
berhala "simbolik" dan berhala "abstract"

Menyembah patung berhala adalah berhala simbolik.
Menyembah Allah, Tuhan, Setan dan Jin adalah berhala abstract

Tak bisa disangkal, Tuhan, Allah, Setan ataupun Jin kesemuanya ini termasuk
juga berhala apabila ada yang memujanya karena berhala itu artinya pemujaan
terhadap.

> Hakekatku Hidup <hakekatkuhi...@...> wrote:
> kenyataannya 4 dari 6 agama adalah
> penyembah patung. Hanya 2 ekor
> agama yang tidak menyembah patung,
> yaitu: Islam dan Kristen saja.

Islam menyembah batu Kabah, apakah batu kabah itu bukan patung ???
Kristen menyembah patung Yesus dan bundo Maria, apakah bukan berhala ???

> "Greg Le Mond" <grek_2...@...> wrote:
> Bravo, saya sangat setuju dengan pandangan
> anda, kajian anda tentang Atheis tepat
> sekali. Saya gak bisa menambahkan lagi.
> Atheis ya gak mau tunduk sama Tuhan,
> gak kenal Tuhan dan gak mau mencari Tuhan

Pandangan yang mana yang anda setujui???  Itu bukanlah pandangan melainkan
opini, juga bukan kajian karena opini itu berbeda dari kajian.

Lagi pula, a-theist itu asalnya khan dari bahasa Inggris dan artinya juga
berdasarkan pemahaman agama Nasrani dulu untuk menyebut mereka yang bukan
beragama Nasrani.  Jadi muslimin juga termasuk atheist kalo berdasarkan
kepercayaan Nasrani.

Sebaliknya dalam agama Islam jelas2 dinyatakan bahwa mereka yang bukan muslim
dinamakan kafir dan kafir ini berasal dari bahasa Arab yang artinya sama dengan
atheist.

Cobalah anda belajar lebih mendalam agar bisa kelihatan lebih cerdas.  Karena
kenyataannya, Tuhan juga termasuk berhala.

Berhala itu artinya adalah "pemujaan", bukan berarti patung, tetapi bisa jadi
patung itulah yang dipuja-nya.

Demikianlah, object dari pemujaan dizaman dulunya memang kebanyakan patung2,
tetapi ada juga berupa "Pohon", bahkan ada yang memuja "Keris".  SEMUA bentuk
pemujaan disebut sebagai berhala.

Mereka yang memuja patung maka yang jadi berhalanya adalah patungnya, dan
mereka yang memuja pohon maka yang jadi berhalanya adalah pohonnya, juga mereka
yang memuja keris maka yang jadi berhalanya itu adalah kerisnya itu.

Termasuk juga mereka yang memuja Tuhan atau Allah, maka berhalanya itu adalah
Tuhan atau Allah.

Pemujaan berhala bisa bersifat simbolik dan bisa juga bersifat abstract, dan
keduanya sama2 dinamakan penyembah berhala.

Memuja berhala secara simbolik bisa berupa pemujaan patung Brahmana, sedangkan
memuja berhala secara abstract bisa berupa pemujaan Tuhan atau pemujaan Allah.