Assalamu'alaikum,
Wah..wah.. kelihatannya ZOA bakal seru ya.
Saya nggak tahu banyak tentang bioteknologi, tapi rasanya ikut nimbrung nggak
apa-apa ya.
Nama saya Addin Pranowo, sekarang kerja di pabrik peleburan tembaga di bagian
elektrorefining. Teknologi peleburan dan pemurnian tembaga sebetulnya bukan barang
baru di dunia, tapi di negara kita, pabrik begini baru start-up tahun 1998. Kalo
baca buku sejarah, tembaga sudah mulai diolah manusia dari zaman perunggu ya.
Untung aja di sini pakai furnace yang bisa dibilang baru, Mitsubishi continuous
process... coba kalau pakai reverberatory, pasti nggak keren.
Saya mulai bekerja di pabrik ini sejak masih tanah kosong tahun1997, pas baru
lulus dari UI, teknik metalurgi. Untuk belajar mengoperasikan refinery plant, saya
sempat training di Onahama Seiren, Iwaki. Mmm, Jepang negaranya terasa aman,
walaupun di kota gede kayak Tokyo, nggak kayak di Jakarta.

Kembali ke soal elektrorefining, buat percobaan, saya membeli 'haring cell' dan
'hull cell' yang biasanya dipakai buat percobaan elektroplating, bikinan Yamamoto
Metkishikenki. Test cell ini nggak dirancang menggunakan circulation pump, jadi
saya mesti memodifikasi sedikit agar mirip dengan yang sungguhan buat percobaan
elektrorefining. Rasanya benda-benda ini bukan barang asing di labo-nya
universitas di Jepang. Mungkin ada teman-teman yang punya pengalaman
mengoperasikan test cell ini bisa bantu ngasih ide?

O'ya, saya juga minta tolong sama teman-teman di sana, saya kepingin juga bisa
kuliah lagi, ambil master di bidang elektrorefining tembaga.... atau hal-hal lain
yang terkait dengan tembaga. Apa saya bisa minta tolong carikan beberapa professor
yang bisa saya hubungi di Todai?

Terima kasih.

Addin Pranowo
Refinery Engineer