Yth. Peserta diskusi Zemi On Air Bioteknologi 2001 (ZOA-BIOTEK-2001)

Sebelum dimulainya ZOA-BIOTEK-2001 secara resmi beberapa jam lagi,
tepat tanggal 1 Februari 2001 Waktu Indonesia Barat, izinkan saya
untuk menyampaikan beberapa pedoman aturan ZOA ini.

Mekanisme Detail Pelaksanaan Zemi-On-Air BIOTEK 2001

1. Pada jadwal yang telah ditentukan untuk suatu sesi, makalah undangan
yang telah ditentukan ditampilkan secara online di:
login di situs ZOA-BIOTEK-2001 (http://sinergy-forum.net)
  > Mailing list diskusi [EMAIL PROTECTED]

2. Setiap peserta diskusi ZOA-BIOTEK-2001 yang telah terdaftar, secara
otomatis menjadi anggota mailing list [EMAIL PROTECTED]
selama masa penyelenggaraan seminar (1 sampai dengan 14 Februari
2001) + 10 hari sebelum dan sesudah seminar. Setelah masa tersebut,
mailing list akan tetap dihidupkan, khususnya untuk menjalin sinergi
bidang bioteknologi, untuk ini usulan peserta sangat diharapkan.

3. Peserta diskusi, yang dengan alasan tertentu tidak ingin menerima
atau mengirim posting dari atau ke mailing list tersebut di atas,
dapat meminta kepada koordinator mailing list zoa yang telah ditunjuk
(misal [EMAIL PROTECTED]) untuk dilepaskan dari mailing
list.

4. Secara idealnya, pertanyaan, jawaban, dan tanggapan dapat diposting
maupun dilihat via mailing list maupun forum diskusi di situs ZOA;
artinya posting di mailing list secara otomatis akan ditampilkan
di forum diskusi di situs ZOA, dan sebaliknya, posting di forum diskusi
di situs ZOA juga akan langsung didistribusikan ke mailing list.
Tetapi, karena keterbatasan teknis dan waktu, untuk ZOA kali pertama
ini, mailing list menjadi tempat diskusi utama, sekalipun forum diskusi
di situs ZOA tetap dapat digunakan. Artinya, posting-posting di mailing
list akan diringkas secara berkala (beberapa jam sekali) oleh moderator,
sedangkan posting-posting di forum diskusi ZOA akan disalin oleh
moderator untuk dipostingkan ke mailing list.

5. Waktu penyelenggaraan
1 Februari 2001 00.00 a.m. WIB s.d. 14 Februari 2001, 24.00 pm
ZoA-Biotek 2001 akan dibuka secara resmi pukul 00.00 WIB 1 Februari
2001.

6. Untuk pemakalah, khususnya pemakalah undangan dipersilakan untuk
memilih dalam keanggotaan milis, apakah akan menggunakan email pribadi,
atau email yang disediakan panitia di sinergy-forum.net

7. Posting di mailing list sebelum Hari H
> Pengenalan SinergY-Forum: oleh Pak Ahmad Rusdiansyah H-5 (27 Januari
2001)
> Pengenalan Zemi On Air oleh Pak Utomo H-4 (28 Januari 2001)
> Aturan dan Tata tertib ZOA   H-3 (29 Januari 2001)

8. Tugas Moderator:
a. Membuka sesi diskusi, dan mengenalkan arti dan pentingnya sesi
diskusi tersebut, misalnya pada sesi diskusi bioteknologi pertanian,
mengenalkan makalah/topik tentang tanaman transgenik.
b. Mengenalkan secara singkat tentang pemakalah yang mempresentasikan
makalahnya pada sesi tersebut.
c. Mempostingkan makalah ke mailing list, dan forum diskusi di situs
ZOA-BIOTEK-2001 (http://sinergy-forum.net)
d. Berusaha memancing diskusi atau tanggapan termasuk dari peserta
diskusi lain.
e. Meringkas diskusi secara berkala, setidaknya setiap 6 jam sekali.
f. Jika pemakalah tidak tanggap menjawab pertanyaan yang ditujukan
kepadanya, moderator bertugas mengingatkan langsung pemakalah ke
email pribadi yang bersangkutan.
g. Memperkenalkan makalah poster yang terkait dengan sesi tersebut.
(dapat dilihat di http://sinergy-forum.net bagian poster).
h. Untuk setiap sesi, ada moderator utama, dan moderator-moderator
pembantu. Moderator utama berhak membagi tugas ke moderator-moderator
pembantu (misal dalam pembagian waktu, karena seminar berlangsung
24 jam) untuk meringankan bebannya.
i. Untuk guest-speaker, ditangani secara khusus. Moderator utama
akan meringkas diskusi, pertanyaan dalam suatu hari, akan diterjemahkan
ke bahasa Inggris dan atau Jepang, kemudian dikirimkan ke email pribadi
guest-speaker untuk memperoleh tanggapan. Jawaban guest speaker diterjemahkan
moderator, untuk selanjutnya dipostingkan ke mailing list dan forum.

9. Dalam mengeluarkan pendapat untuk setiap diskusi, hendaknya setiap
peserta selalu mencantumkan Nama dan asal organisasinya sebagai indentitas
diri. Selain itu, dengan demikian setiap pendapat yang dikeluarkan
betul-betul disertai rasa tanggung jawab.

10. Hal-hal lain yang tidak tertera dalam aturan ini dapat dibaca
di website http://sinergy-forum.net pada bagian etika diskusi.

Hormat kami,

Penanggung Jawab ZoA-Biotek-2001
SinergY-PPI-Tokodai