Yth. Pak Sutoto dan peserta diskusi ZOA-BIOTEK sekalian,

Terima kasih atas laporan penerimaan "sinyal"nya dari Purwokerto.
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Bapak tentang aspek diskusi.
Sementara aspek teknikal saya telah forwardkan ke petugas panitia
kami yang bertugas di situ untuk mendapat tanggapan.

>Saya Sutoto dari p3sdlunsoed sudah menyimak semua yang disampaikan
dalam
>rangka diskusi. Saya ingin menanyakan :
>1. Apakah dalam berdiskusi hanya dengan menggunakan sistem mailing
>   list ?

Diskusi secara utama akan berlangsung di mailing list. Tapi , tidak
menutup kemungkinan untuk mengajukan topik dan menanggapi via "ruang
diskusi" yang bisa diklik dari website http://sinergy-forum.net.

Sebenarnya pihak kami ingin membuat sinkron antara "ruang diskusi"
dengan mailing list. Tapi karena keterbatasan waktu, untuk ZOA pertama
dari SinergY ini kami belum bisa. Sehingga, moderator akan meringkas
isi mailing list selang beberapa jam sekali dan dipostingkan ke "ruang
diskusi" secara manual. Sebaliknya. isi "ruang diskusi" juga akan
dicopy ke mailing list untuk menjadi bahan kajian bersama. Mudah-
mudahan pada ZOA2 berikutnya kami bisa memperbaiki sistem ini secara
teknologi.

>2. Saya mengalami trouble dalam akses ke sinergy-forum.net, komentar
>   yang muncul yaitu no data record is available. bagaimana
>   cara mengatasinya ?

Mungkin Pak Sutoto bisa menjelaskan lebih lanjut kapan pesan itu
keluar? Artinya apa yg Bapak Toto pilih atau klik sehingga pesan
itu keluar? Saya telah mengecek berbagai menu di website kami, tidak
muncul pesan seperti di atas. Memang makalah2 selain sesi Pembukaan
dan sesi pertanian belum dibuka linknya karena belum waktunya. Untuk
jadwal, silakan merefer pada website kami. Atau, insya allah akan
saya posting kemudian.

>3. Jika sistem on air memungkinkan penggunaan head set, apakah ada
>   kendala dalam sistem buffering-nya ?

Mohon maaf, Pak, saya pribadi kurang paham dengan masalah ini. Maksud
Bapak head-set itu sistem "audio"? Kalau yang dimaksud seperti itu,
belum memungkinkan. Tapi, saya telah memforwardkan pertanyaan Bapak
ke bagian teknis panitia kami.

Demikian sementara jawaban kami.

Terima kasih pula atas perkenalan lembaga dan programnya.

Moderator Utama

Dedy H.B. Wicaksono