Moderator yth,
Saya ingin mengajukan pertanyaan untuk Dr Sutanto, sebagai berikut:
Di Indonesia ini sejak jaman dahulu sudah berkembang kearifan traditional (indigenous knowledge)
yang ternyata secara tidak langsung pun telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kemajuan
bioteknologi.  Hal tersebut telah dikembangkan oleh nenek moyang dan beberapa suku di pedalaman,
maupun masyarakat yang tinggal di pedesaan dan perkotaan. Pertanyaan saya, bagaimana upaya dan kiat
pemerintah untuk bisa mematenkan beberapa temuan inovatif dalam ujud penerapan teknologi yang sederhana itu ?
Contohnya: Tanaman-tanaman asli indonesia yang ternyata mempunyai kandungan senyawa tertentu yang dapat
menyembuhkan penyakit; teknologi pembuatan makanan (takwa dari Kediri); Jamu dan masih banyak lagi?
Atas segala penjelasan dan uraiannya dhaturkan terima kasih.
Budi Supriyanto (PT Starwin Indonesia)- [EMAIL PROTECTED]