Salam sejahtera,
saya N. Achmad, mungkin saya bisa menambahkan adanya beberapa masalah yang
krusial. seperti yang kita ketahui banyak kalangan yang sebenarnya tidak mau
atau katakanlah menolak adanya paten terhadap mahluk hidup, hal ini adalah
fakta pertama. Tetapi dengan adanya indegenous knowledge, para penolak paten
ini mencoba untuk mengadvokasikan adanya CIPR (comunity intelitually
property right), ini adalah fakta yang kedua. Nah, dari kedua fakta ini
terjadi kontradiksi, untuk menyelesaikan hal ini bagaimana? lalu katakanlah
bila sudah dikasih paten lalu siapakah yang menerimanya? tentunya setelah
terjadi perdebatan yang panjang mengenai siapakah pemilik dari Indigenous
knowledge ini? boleh saya contohkan di Bogor terkenal dengan adanya tahu
Sumedang, siapakah pemilik dari teknologi pembuatan tahu sumedang ini?
terima kasih.
wassalam