Yth. Pak Tantono,

   Berbicara mengenai HKI tentunya tak terlepas dari masalah penelitian,
baik di institusi kependidikan maupun dari pihak komersiil.
Sebagai seorang akademisi, hal ini saya kaitkan dengan masalah keaslian
penelitian,  karena saya tidak ingin menjadi seorang 'plagiat'.
    Oleh karena itu bila ingin melakukan suatu penelitian saya sering
bertanya-tanya: apakah penelitian yang ingin saya kerjakan ini telah
diteliti oleh orang lain ? Namun saya belum tahu bagaimana dan di mana
sumber informasi yang cukup lengkap untuk menjawab pertanyaan saya
tersebut.
   Yang menjadi pertanyaan saya adalah :
1. Apakah masalah yang sering saya hadapi ini berhubungan dengan HKI?
2. Apakah telah ada suatu institusi/lembaga di Indonesia yang memiliki
'database' tentang topik-topik penelitian yang telah dilakukan (telah
dipublikasikan) ? Dan di mana ?
3. Jika ada, bagaimana cara mencari/ meminta informasi dari lembaga
tersebut?

Mohon Bapak membantu saya dan terima kasih sebelumnya.

Hormat saya,

Lanny Hartanti
Email sent using Wima Mail (http://www.wima.ac.id)