>   Yang menjadi pertanyaan saya adalah :
>1. Apakah masalah yang sering saya hadapi ini berhubungan dengan HKI?
Ya dan tidak.  Ya dalam artian kita tidak mau menjiplak, dan tidak
dalam artian kita ingin membaca penelitian orang lain untuk melihat
"state of the art" technologynya

>2. Apakah telah ada suatu institusi/lembaga di Indonesia yang memiliki
>'database' tentang topik-topik penelitian yang telah dilakukan (telah
>dipublikasikan) ? Dan di mana ?
Ada di PDII LIPI Jl Gatot Subroto Jakarta,websitenya www.pdii.lipi.
go.id disitu agak lengkap, walaupun belum semua.
>3. Jika ada, bagaimana cara mencari/ meminta informasi dari lembaga
>tersebut?
Kalau tidak salah ada layanan bibliografi diannotasi untuk suatu
topik, saya tidak tahu sekarang berapa biayanya.  Kalau di bidang
Pertanian Pustaka di Bogor cukup baik.  Kalau untuk informasi terbaru
bisa juga melihat database patent IBM www.delphion.com, tetapi perlu
keahlian searching.  Kalau masih membutuhkan bantuan lebih lanjut
silahkan hubungi saya di [EMAIL PROTECTED]

Salam, Tantono