Pak Didik dan Pak Mentri Yth.

Saya gembira pemerintah Indonesia sudah penuh perhatian terhadap
perkembangan bioteknologi ini.

> seluruh komponen bangsa, kegiatan litbang diarahkan kepada kebutuhan
> pasar, dan dukungan sistem insentif yang layak bagi industri dan
> pelaku litbang.

Namun demikian agar litbang yang sudah diarahkan ke kebutuhan pasar ini,
tidak hanya sebatas menghasilkan produk saja namun perlu
juga mempertimbangkan masalah
dampaknya terhadap manusia konsumennya, maupun manusia yg ada di areal
pertanian atau perkebunan yang menerapkan produk bioteknologi ini.
Alangkah baiknya, sebelum diimplementasikan perlu dikaji lebih dahulu
efeknya terhadap ekosistem lokal (bisa juga dengan pendekatan simulasi
modeling yg diadopsi dari data riset terdahulu) serta efek fisiologis
terhadap manusianya (bisa melalui uji hayati dengan hewan uji tikus
atau kelinci percobaan seperti yg selama ini sudah biasa dilakukan di
riset-riset).

Saya hawatir bila ini tidak dipertimbangkan, akibatnya amat sulit untuk
diatasi, ya mirip-mirip krisis moneter sekarang akibat dulu-dulu yg
terlalu meloloskan tiap pihak melakukan pencarian dana utang ke luar
negeri tanpa koordinasi yg baik.

Adanya budaya latah, juga baiknya jadi perhatian pemerintah. Karena budaya
latah ini juga cenderung tidak memperhatikan efek-efek negatif dari
pemakaian produk bioteknologi asing. Khususnya bila diberikan kemudahan
pemakaian produk asing (seperti mikroba dari luar negeri seperti yg
banyak dipakai di tambak-tambak ataupun lahan pertanian sekarang) saya
hawatir keseimbangan ekosistem lokal terganggu sehingga penanggulangannya
yang beberapa aspek sampai saat ini masih belum distudi, akan sangat
merepotkan kita semua. Saya kira melakukan tindakan preventif jauhlebih
baik daripada tindakan pengobatannya.

Hal tersebut amat baik juga diterapkan pada produk produk bahan makanan yg
yg diproduksi melalui proses bioteknologi ataupun rekayasa genetikanya,
perlu mempertimbangkan aspek-aspek kemaslahatan (kebaikan dan
kesehatan) dari masyarakat kita sebagai konsumennya.

Demikian harapan saya pada perkembangan bioteknologi ke depan di negeri
ini. Terimakasih.

Wassalam

JPN. Sumarno
Sekretariat AI3-ITB, Bandung