Ass. Wr. Wb.

Terima kasih banyak kepada pak Marno atas saran-sarannya yang sangat
bagus.  Beberapa sarannya sedang dikerjakan.  Pada saat ini kami di jurusan
Teknologi Pangan dan Gizi IPB memiliki kuliah Teknologi dan Manajemen
Pangan Halal, pada perkuliahan semester ini, dalam rangka tugas kuliah ini
kami sedang menyusun database ingredien pangan, nama, bahan asal,
pembuatan, dll informasi yang berguna (ada ribuan entry) dimana nanti akan
dikaji status kehalalannya.  Database ini diharapkan jadi bulan ini juga,
nanti setelah disempurnakan dan dikaji ulang, mungkin juga dilengkapi,
nantinya akan disebarkan ke industri-industri sebagai pegangan.

Disamping masalah database ingredien pangan, kami juga sedang menyiapkan
halal assurance system yang nantinya dapat diterapkan oleh industri, pada
seminar halal yang akan datang, system ini akan diperkenalkan, dan sebagian
penerapannya di industri juga akan disampaikan oleh salah satu industri
yang kami bina.  Insya Allah saya sendiri yang akan menyampaikan konsep
tersebut dalam seminar.

Sekali lagi terima kasih, saya nantikan pemikiran dari kolega yang lain.

Wassalam Wr. Wb.

Anton Apriyantono