Yth. Peserta ZOA-BIOTEK,

Berikut kami sampaikan jawaban Dr. Edy Meiyanto atas pertanyaan Bapak
Awaluddin.

Moderator

Dedy  H.B. Wicaksono

At Tuesday, 6 February 2001, Edy Meiyanto <[EMAIL PROTECTED]
ac.jp> wrote:

Bapak Awalludin Sutamihardja:
---------------------------

Dr. Edy Meiyanto:
==================
Wa`alaikum salam wr.wb.

Bapak Awalludin Sutamihardja:
---------------------------

Dr. Edy Meiyanto:
=================
Pak Awaludin Yth...
Farmakogenomik ditujukan, salah satunya, adalah untuk penemuan dan
pengembangan obat (drug discovery and development) melalui analisis
genom
fungsional. Penelitian-penelitian untuk pengembangan obat anti-inveksi
yang
berdasarkan analisis genomik (genom  mikroorganisme yang menjadi
targetnya), rasanya juga semakin berkembang. Apalagi sekuensing genom
mikroorganisme patogen juga semakin berkembang. Pendekatan farmakogenomik

ini memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan pendekatan secara
konvensional, yakni a.l. dapat mengatasi masalah resistensi karena
mampu
mengenali varian (berdasar analisis genomik) mikroorganisme patogen
yang
menjadi target reaksinya. Di samping itu analisis genomik ini juga akan
dapat  menambah informasi mengenai target-target reaksi yang baru sama
sekali, di luar target reaksi biokimiawinya yang sudah diketahui
.. Oleh
karenanya, analisis ini juga akan dapat membuka peluang baru untuk
penemuan
obat baru yang lebih unggul dengan mekanisme aksi yang baru. Bisa jadi,
obat anti inveksi baru tersebut akan merupakan senyawa baru, di luar
golongan senyawa anti inveksi yang sekarang ada.

Bila Pak Awaludin, menghendaki, insya Allah akan saya kirim salah satu
artikel berkaitan dengan hal tersebut ... tapi mohon alamt e-mailnya ..

Terimakasih.
Wassalam,
Edy Meiyanto