>Bpk. Paul Timotiwu:
>-------------------
>Pernyataan ini yang saya ingin diperjelas lebih lanjut.  Mekanisme
>tanaman
>padi tersebut
>mensuplai kebutuhan sang mikroorganisme atau eksudasi substrat oleh
>tanaman
>padi.
>Sebagai contoh mekanisme yang terjadi antara kedele dan Rhizobium.
>Di antara eksudat yang dikeluarkan tanaman padi tersebut apakah pernah
>diteliti lebih
> [...]

*Supply substrate terutama berasal dari CO2 dan komponen tanaman
yang mati (akar, daun etc.). CO2 yang sampai ke perakaran bisa langsung
di conversi oleh methanogens.  Sedang komponen tanaman dirombak dulu
menjadi asam-asam organik seperi acetate, sebelum dikonversi menjadi
CH4.

*Sudah banyak penelitian tentang jenis subsrtat (i.e., Takai, Y.
1970.  Mechanism of methane fermentation in flooded paddy soil.
Soil Sci. Plant Nutr., 16 (6), 238-244; Yoshida, T.  1984.  Microbial
metabolism in rice soils.  In : Soil and Rice. IRRI (Ed). IRRI, Los
Banos, Philippines, 445-436). Saya melalukannya pada tanah gambut.
Penelitian menunjukkan bahwa selain CO2 dan acetete, methanogens
juga memanfaatkan asam format, asam propionat dam asam butirat.
Asam-asam organik ini dihasilkan dari dekomposisi komponen tanaman
padi yang mati.

Dr. Abdul Hadi
IASA - Indonesian Agricultural Sciences Association