Yth. Peserta ZOA-BIOTEK-2001,

Berikut kami sampaikan pertanyaan dari salah satu peserta, Sdr. Embrinita
Okta terhadap Dr. Budu di ruang diskusi website sinergy, http://sinergy-
forum.net/zoa/ruangdiskusi.html

Untuk dr. Budu, kami mohon dengan hormat tanggapan Bapak.

Moderator

Dedy H.B. Wicaksono

5. "RE: Makalah dr. Budu tentang Kelain..."
Posted by Embrinita Okta  on Feb-08-01, 02:45 PM (GMT)
Assalamualaikum,
yth. Moderator, dari makalah
>Analisa Gen Rhodopsin Pada Penderita Retinitis
>Pigmentosa
>
>Budu, M.D.
>* Department of Ophthalmology, Faculty of
>Medicine,
>Toyama Medical and Pharmaceutical University, Japan.
>

>Kesimpulan
>
>Mutasi gen rhodopsin, Gly106Arg, merupakan salah
>satu penyebab munculnya gejala retinitis
>pigmentosa pada orang Jepang.

Mohon informasi:
Apakah penyebab dari mutasi gen rhodopsin tersebut?
Apakah terkait dengan makanan, atau pencemaran lingkungan atau zat
kimia lain?
Bagaimana terapi dari penyakit ini?
Adakah cara mencegahnya?
Gejala pada kelainan atau penyakit ini mulai nampak pada usia berapa?
Dapatkah kelainan dideteksi sebelum penderita lahir? ( maksud saya
pada kehamilannya?)
Sekian pertanyaan saya, terimakasih.
Wassalam
Hormat saya