At Friday, 9 February 2001, you wrote:

>menjanjikan atau langsung pada sasaran tetapi
>bagaimana dengan metoda/cara memutasikan itu sendiri
>apakah tidak menimbulkan masalah seperti etika atau
>kemudahan untuk  penyalahgunaan dan bagaimana bila
>kemudian dipatenkan padahal itu adalah ada pada diri
>seseorang?.
>
>isbu im: Univ.Winaya Mukti-Jatinangor

Pak ISBU IM yth,
Saya ingin komentar sedikit : Pada umumnya negara-negara mengharamkan
paten untuk prosedur medis yang diperlukan bagi manusia, jadi pertanyaan
bagaimana kalau itu dipatenkan tidak relevan. Saya sampaikan kutipan
ayat 7 RUU Paten sbb :
(Pasal 7)Paten tidak diberikan untuk penemuan tentang:
(a.)proses atau produk yang pengumuman dan penggunaan atau pelaksanaannya
bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ketertiban
umum atau kesusilaan;
(b.)metode pemeriksaan, perawatan, pengobatan dan atau pembedahan
yang diterapkan terhadap manusia dan atau hewan;
(c).teori dan metode di bidang ilmu pengetahuan dan matematika;(d).
varietas tanaman atau hewan selain jasad renik dan proses biologi
yang esensial untuk memproduksi varietas tanaman atau hewan selain
proses non-biologi dan mikrobiologi, atau Penemuan yang tidak sesuai
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 dan 2.

Salam, Tantono