>Kalau memang sudah menjadi Protein Engineering dan
melihat bidang yang digeluti ternyata menjadi begitu
mendalam dan luas tampaknya perlu pendidikan di
Indonesia yang mengkhususkan pada kegiatan tersebut.
>Satu hal yang saya jadi ingin tahu apakah protein
engineering dapat menjawab kenapa manusia di zaman
dahulu lebih panjang umurnya dan lebih besar tubuhnya
( dari sejarah Nabi-nabi ) dan untuk cerita
futuristik,  merubah format tubuh manusia agar mudah
ditransportasikan kemudian disusun kembali setelah
sapai di tujuan atau bila seseorang terluka/terpotong
dapat dipercepat kesembuhannya. Berimprovisasi sampai
pada gen cukup mengerikan untuk saya yang awam.
>Saya sangat setuju bahwa Indonesia harus secepatnya
punya database keanekaragam hayatinya. Tetapi siapa
yang akan melakukannya?.

isbu im: Univ.Winaya Mukti-Jatinangor