Yth. Peserta ZOA-BIOTEK-2001
cc. Dr. Zeily Nurachman,

Berikut ini kami sampaikan jawaban dari Dr. Arief Witarto untuk Dr.
Jaka Widada, tentang proses kristalisasi yang terkait dengan protein
engineering.

Kami mohon pula tanggapan dari Dr. Zeily Nurachman, yang memang memiliki
bidang keahlian dalam analisis struktur kristal protein dengan sinar-
X.

Moderator

Dedy H.B. Wicaksono

Dr. Jaka Widada:
-----------------

--------- omitted part ---------------

>dimurnikan
>satu

Dr. Arief Witarto:
--------------------

Pak Jaka Widada yth,
Proses kristalisasi protein sering dibilang "more art rather than
science" artinya masih banyak yang tidak diketahui dalam proses kristalisasi
itu sehingga peran kesabaran dan pengalaman sangat penting. Mungkin
itu yang bisa jawab. Selanjutnya, kalau tidak keberatan mungkin Dr.
Zeily Nurachman (ITB) yang pengalaman membuat kristal, bisa cerita
lebih jauh mengenai bidang ini. Saya lihat, Pak Zeily ada di forum
ini juga.

Wassalamualaikum wrwb

Arief B. WITARTO