Yth. Peserta ZOA-BIOTEK

Berikut kami sampaikan lagi pertanyaan dari Sdr. Embrinita Okta (dari
"ruang diskusi" http://sinergy-forum.net/zoa/ruangdiskusi.html, menanggapi
jawaban Dr. Budu beberapa waktu lalu tentang Terapi Gen.

Moderator

Dedy H.B. Wicaksono

7. "Mohon Penjelasan Dr. Budu"
Posted by Embrinita Okta  on Feb-10-01, 12:46 PM (GMT)

Dr. Budu yang terhormat, jawaban Bapak untuk pertanyaan saya tentang
terapi dari penyakit retinitis pigmentosa adalah sbb:

>Hingga sekarang belum ada ƒ„drug of
>choiceĠ nya. Pengobatan yg selama
>ini diberikan hanyalah pengobatan simptomatik
>seperti : vit.A, Vit
>E, terapi ozon dll. Insya
>Allah satu-2 nya harapan adalah
>ƒ„gene therapyƒ†,. Penerapan terapi gene
>ini sudah terbukti keampuhannya
>via animal study dan hasil
>nya cukup memuaskan. Moga-2 tak
>terlalu lama lagi bisa diterapkan
>pada manusia. Insya Allah.

Mohon penjelasan tentang terapi ozon dan gene therapy ! Bagaimana
mekanisme kerjanya, seberapa besar kefektifannya, dan apa saja efek
sampingnya?
Hewan coba apa yang dipakai dalam study untuk gene therapy ini?
Sekian, Terimakasih.
Wassalam

Hormat saya

Embrinita Okta