Yth.Bpk. Suhendrayatna
>Pemahaman saya selama ini salah, Heavy Metal
Bioremoval saya kira adalah proses logam Berat dicerna
oleh organisme tetapi ternyata hanya proses pemisahan
dari lingkungannya dengan menggunakan organisme (
kalau tidak salah lagi ). Kalau memang begitu polanya
mungkin bioremoval bisa berperan lebih ke arah
pencegahan polusi bukan hanya dalam mengatasi polusi
saja, misalnya menggantikan merkuri dalam proses
pendulangan emas ( apakah ada organisme yang
mengikat/memisahkan emas dari lingkungannya ?)
> Hal lain yang saya tangkap, proses tersebut
dilakukan untuk polusi industri sehingga dilakukan
pada lingkungan yang tertutup/terisolasi. Bagaimana
bila pencemaran itu sudah masuk lingkungan alam
terbuka, apakah organisme itu akan mati bila sumber
polusi telah habis atau justru menimbulkan masalah
baru ?

isbu im: Univ.Winaya Mukti-Jatinangor