Yth.Bpk. Agus Supriyanto
>Pengomposan tampaknya bersifat sentralistik,
membutuhkan lahan cukup besar, dan dalam skala besar.
Bila harus dikumpulkan lebih dahulu untuk di Indonesia
akan merupakan perjuangan tersendiri karena harus
meminta dari masing-masing keluarga di rumah, tukang
sampah, sampai ke pembuangan akhir untuk konsisten
membagi sampah menurut jenisnya sehingga tidak
tercampur materi yang tidak diinginkan atau yang
berbahaya.
>Tidak bisakah dibuat tempat/alat yang kompak bentuk
dan ukurannya untuk pengomposan sehingga dapat
dimiliki oleh masing-masing rumah tangga dengan begitu
masalah sudah diatasi dari sumbernya sehingga akan
dapat banyak dilakukan penghematan. Apalagi lahan
terbuka saat ini sudah sulit didapat dilingkungan
perumahan. Saya kira investasi untuk alat tersebut
akan dapat ditutupi oleh pengeluaran yang harus
dilakukan bila pengomposan dilakukan secara terpusat
dari daerah ( barangkali ?)paling tidak kita tidak
lagi melihat onggokan sampah dipojokan, truk-truk
sampah dan ceceran atau bau sampah diperjalanan.

isbu im: Univ.Winaya Mukti-Jatinangor