Mohon maaf, sekedar ingin urun rembug.

--- ISBU IM <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Yth.Bpk. Suhendrayatna
> Bioremoval saya kira adalah proses logam Berat
> dicerna
> oleh organisme tetapi ternyata hanya proses
> pemisahan
> dari lingkungannya dengan menggunakan organisme (
> kalau tidak salah lagi ). Kalau memang begitu
> polanya
> mungkin bioremoval bisa berperan lebih ke arah
> pencegahan polusi bukan hanya dalam mengatasi polusi
> saja, misalnya menggantikan merkuri dalam proses
> pendulangan emas ( apakah ada organisme yang
> mengikat/memisahkan emas dari lingkungannya ?)

Betul sekali, Pak ISBU IM. Saya kira, bakteri atau
mikroorganisme lain bisa berperan lebih dari sekedar
mengatasi polusi saja. Suatu kelompok ilmuwan di
daerah Skandinavia, Eropa (mungkin Swedia atau
Finlandia) meneliti kemungkinan penggunaan salah satu
jenis bakteri untuk pembuatan nanostructure dari bahan
Ag. Cerita penelitiannya si bakteri dibiakkan dalam
medium yang mengandung banyak Ag. Ternyata bakteri
"memakan" Ag (perak) tsb, dan menampungnya dlm salah
satu organelnya, dalam bentuk terkristalisasi. Bentuk
nanostrcuture yg terbentuk memang belum bisa mereka
kontrol, tapi penelitian mereka mengarah ke situ.

Selain bakteri, ada pula pemanfaatan tanaman untuk
remediasi. Tanaman misalnya telah dicoba dipakai untuk
menghilangkan polusi radioaktif di sekitar Chernobyl.
Kemudian, kalau saya tdk salah, saya pernah lihat di
TV ada kelompok peneliti di New Zealand yang berusaha
memanfaatkan tanaman untuk "menambang" emas dari
tanah.

Demikianlah "keajaiban" makhluk hidup yg telah
dimanfaatkan utk ekstraksi logam.

> dilakukan untuk polusi industri sehingga dilakukan
> pada lingkungan yang tertutup/terisolasi. Bagaimana
> bila pencemaran itu sudah masuk lingkungan alam
> terbuka, apakah organisme itu akan mati bila sumber
> polusi telah habis atau justru menimbulkan masalah
> baru ?

Seperti saya sebutkan dengan kasus Chernobyl, saya
kira, organisme tsb tidak menimbulkan masalah
sekalipun dipakai di lingkungan terbuka. ORganisme2 di
awal rantai makanan spt bakteri atau tanaman, biasanya
amat berperan sbg penyeimbang ekosistem.

Mohon maaf jika ada yg salah mohon dikoreksi, sekedar
ingin urun rembug.

Wassalam,

Dedy