Halo Boss Aditya Mahario yth,
Namanya juga tony_sapi jadi nyambungnya kalau ngobrol masalah sapi, apalagi
sapi wanita yang cantik wuah nggak akan bisa berhenti .
1. Jenis sapi yang mana ? - sebetulnya sama aja, bedanya kalau limousin atau
simental rangka (balungan) nya besar sehingga pertambahan beratnya bisa jauh
lebih banyak di banding dengan sapi lokal - tapi makannya juga harus banyak.
Intinya tergantung dari kesediaan pakan di lingkungan anda.
2. Penggunaan konsentrat sebetulnya hanya untuk mempercepat pertambahan berat.
Kalau untuk sapi lokal ya akan nambah juga beratnya tapi terbatas
pertambahannya karena masalah no 1 di atas mengenai rangka nya.
3. Pengalaman saya memberikan data yang menyimpulkan penggemukan lebih
menguntungkan. Breeding sapi lokal tidak merugikan , tapi lebih sedikit
untungnya karena waktunya lama. Setelah anda mahir menggemukan maka untuk
breeding akan menjadi mudah, kecuali ngurusin kelahiran bayi sapinya.
4. Anda sudah memulai dengan awal yang baik, yaitu dimulai dengan kesenangan
(desire), 70 % keberhasilan sudah di tangan anda kalau didasari dengan
kesenangan, kalau dasarnya hanya mau cari keuntungan padahal anda belum
berpengalaman, biasanya di ahiri dengan kerugian dan kapok, lain halnya dengan
kesenangan, biar rugi dan kepontal pontal tapi seneng, makin lama anda akan
makin menguasai segala permasalahannya. Jadi nomer satu beli topi cowboy nya,
nomor dua beli Jean nomor tiga beli syal buat di iket di leher, nomor  empat
beli baju kotak-kotak, nomor lima beli sabuk cowboy, nomor enam beli sepatu
cowboy. Baru nabung lagi buat beli sapinya, hehehehhe. Sepertinya ngawur ya,
tapi sebetulnya tidak. Secara teori itu adalah merupakan peletakan landasan
motivasi. Untuk detailnya silahkan lihat di http://sapiology.com   atau di
http://tonysapi.multiply.com  pada makalah  Kegagalan peternak .....dst

Saran saya:
Jika anda mampu mulai dengan 10 ekor --lakukan dengan memulai dengan 2 atau 3
ekor terlebih dahulu.
Jika anda bisa membeli sapi lokal dan sapi peranakan import, maka mulailah
dengan 1 ekor limousin, 1 ekor simental dan 1 ekor sapi lokal, untuk
penggemukan, setelah membaca tulisan di situs tsb di atas maka anda akan tahu
mengapanya.
Masalah tidak ada pasar dan harus lewat belantik sapi, yang perilakunya
macem-macem, jangan dirisaukan, setelah membaca artikel tsb di atas anda akan
tahu mengapanya
 TONY_SAPI http//tonysapi.multiply.com