menurut saya sih, nggak ngaruh, oom.  malah konsumen cenderung malas kali
yah, kalau blok mesin sudah asli indonesia.

sama kayak lensa nikon ternyata bikinan thailand, atau cdt dalaman monitor
komputer ternyata bikinan china, taiwan, malaysia, atau crt tabung televisi
bikinan indonesia, motherboard apple dan ibm bikinan china/taiwan.  tetep
aja dibeli, dengan sedikit omelan, gak asli jepang atau amerika lagi nih,
hahaha ...

saya gak ngerti kenapa heavy industries untuk blok mesin tidak dibuat di
indonesia (saya curiga malah gak keindonesia karena listriknya byar pet),
saya juga ragu kalau blok mesin masih dibuat di jepang (saya lebih yakin
kalau sudah di outsourcing di negara mana gitu buat bikinnya).  tapi lebih
gak ngerti lagi kenapa pemerintah indonesia tetep gak punya willing buat
bikin industrinya direlokasi ke indonesia, kok.

oh ya, kayak kanzen, happy, dah bikin di indonesia, toh kenyataan animo
sepi.  hahaha ....

salam,
Ari